2 Wujud Keindahan Toleransi Umat Beragama Dalam Merayakan Idul Adha
Sumber: Jawaban.com

News / 28 June 2023

Kalangan Sendiri

2 Wujud Keindahan Toleransi Umat Beragama Dalam Merayakan Idul Adha

Bella Tiurma Official Writer
1936

Salah satu momen yang pas untuk membangun toleransi antar umat beragama adalah ketika perayaan hari-hari besar keagamaan baik umat Kristiani, Katolik, Islam, Hindu, dan Budha. Salah satunya momen perayaan terdekat adalah Idul Adha yang dirayakan pada Kamis, 29 Juni 2023 besok.  

Perayaan Idul Adha ini sangat identik dengan momen pemberian hewan kurban sebagai simbol pengorbanan dan kemurahan hati seseorang. Karena pada momen ini bukan sekedar memberikan atau menyumbangkan hewan kurban saja, tetapi adanya pembagian daging kepada orang-orang yang membutuhkan dan kurang mampu.

 

Baca Juga : Apa Itu Kurban? Begini Menurut Pandangan Alkitab

Melalui momen Idul Adha ini, toleransi beragama diwujudkan dengan beragam bentuk kebaikan dengan sesama. Baru-baru ini kita mendengar bagaimana gereja bahkan ikut menyambut Idul Adha dengan berbagai cara. 

Berikut 2 wujud indahnya toleransi yang dilakukan gereja mendukung umat Muslim yang merayakan Idul Adha:

1. GBI Rock Palu Serahkan 1 Ekor Sapi ke Masjid Al-Awwabin  

Momen ini pun digunakan oleh salah satu gereja Gereja Bethel Indonesia (GBI) Representatives Of Christ’s Kingdom (ROCK) di kota Palu yang ikut serta dalam menyumbangkan hewan kurban kepada umat Muslim dilingkungan sekitar gereja. Keikutsertaan GBI dalam merayakan Idul Adha tahun 2023 ini, mereka akan menyumbangkan 1 ekor sapi.

Gambar: Penyerahan hewan korban kepada Masjid Al-Awwabin

“Ini adalah contoh nyata tentang bagaimana keberagaman agama dapat memperkuat persatuan dan perdamaian” ujar salah satu gembala GBI ROCK Palu, Pdt. Christian Apitula melalui laman tribunnews.com. 

Pdt. Christian pun menambahkan bahwa rencana yang akan dilakukan untuk memberikan hewan kurban akan diberikan kepada salah satu masjid setempat. Keikutsertaan ini pun menjadi momen yang tepat untuk menggambarkan dalam memperkuat hubungan yang dibangun antar umat beragama, solidaritas, dan saling menghormati.

 

Baca Juga : Apa Yang Alkitab Katakan Tentang Kurban Bakaran?

 

2. Romo Gereja Katolik Santo Antonius Magelang Ikut Mengamankan Ibadah Idul Adha

Selain itu, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pun menunjukkan sikap toleransi dalam menyambut Hari Raya Idul Adha sebagai hari besar keagaaman umat Muslim dengan memberikan bantuan dalam menjaga keamanan.

Gambar: Romo Gereja Katolik Santo Antonius, Dian Permana ikut melakukan pengamanan di lapangan Pemda Muntilan 

 

Tepat di hari ini pihak Muhammadiyah di Magelang melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Pemda Muntilan. Dengan jemaat yang hadir pada lokasi tersebut kurang lebih sebanyak tiga ribu jemaat dan memenuhi Lapangan Pemda hingga membludak sampai ke halaman Gereja Katolik Santo Antonius. 

Hal ini yang menjadi daya tarik bagi warga sekitar karena salah satu Romo dari Gereja Katoli Santo Antonius ini turut hadir bergabung bersama warga lainnya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan umat Muslim yang sedang beribadah. Romo Dian Permana atau Romo Ale SJ, pun tak hanya membantu dalam menjaga keamanan dan kenyaman saja, tetapi ia turut menyambut para umat Muslim yang datang untuk shalat.

Sumber : tribunnews.com | harian7.com
Halaman :
1

Ikuti Kami