Fakta Alkitab: Ikan yang Paling Terkenal di Kalangan Israel Pada Zaman Alkitab
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 27 June 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Ikan yang Paling Terkenal di Kalangan Israel Pada Zaman Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
2418

Setiap tahunnya ribuan peziarah Kristen datang berduyun-duyun ke Danau Galilea untuk menjelajahi kota-kota yang Yesus datangi semasa hidupnya. Tempat ini adalah tempat dimana Yesus memberikan khotbah di bukit, Sinagoge, tempat-Nya mengajar dan berkhotbah. Tempat ini juga merupakan tempat saat Yesus melakukan mukjizat pelipatgandaan lima roti dan dua ikan, serta berjalan di atas air.

Saat ini, banyak pengunjung dan wisatawan yang kebingungan tentang apa yang harus mereka makan di tempat itu.

Jawaban termudah untuk menjawab kebingungan tersebut adalah, Ikan Santo Petrus.

Dalam Injil Matius, Yesus menyuruh Petrus untuk pergi memancing di Danau Galilea karena ikan pertama yang ia tangkap akan menghasilkan satu syikal perak, yang dapat digunakan Petrus untuk membayar pajak Bait Allah. Petrus mengikuti instruksi Yesus dan ikan yang ia tangkap benar-benar memiliki satu syikal perak di mulutnya.

 

BACA JUGA: Inilah 7 Superfood yang Tercatat di Alkitab, Obat Sehat Alami Ala Surga

 

Menurut legenda, ikan yang ditangkap Petrus adalah sejenis ikan nila, yang saat ini banyak ditawarkan oleh restoran-restoran di sekitar danau.

Pesisir Galilea dipenuhi dengan restoran yang menawarkan Ikan Santo Petrus, yang biasanya ditujukan untuk para turis yang mengunjungi situs-situs Kristen di daerah tersebut. Mereka menyajikan ikan secara utuh, dengan kepala dan badannya, kemudian dipanggang atau digoreng, dengan tambahan lemon.

Danau Galilea disebut juga Danau Genesaret, Danau Kineret, Danau Kinerot, Laut Tiberias, atau Danau Tiberias. Danau Galilea ini terletak dekat Dataran Tinggi Golan, merupakan danau air tawar terbesar di Israel.

Danau ini memiliki luas sebesar 166 km², dan kedalaman mencapai 43 meter, dan terletak 211,315 meter di bawah permukaan laut. Danau ini merupakan danau air tawar terendah di dunia dan danau terendah kedua setelah Laut Mati, yang merupakan danau air asin. Danau ini diairi sebagian dari mata air di bawah tanah, meskipun sumber utamanya adalah sungai Yordan yang mengalir melaluinya dari utara ke selatan.

 

BACA JUGA: 10 Makanan di Alkitab yang Berfungsi Sebagai Obat

 

Laut Galilea, Laut, Danau Tiberias (tībĭrˈēəs), atau Danau Kinneret (kĭnˈərĕtˌ), danau seluas 64 mil², panjang 14 mil, dan lebar 3 hingga 7 mil ini terletak di sebelah tenggara Israel. Permukaannya sekitar 700 kaki (210 m) di bawah permukaan laut. Danau yang menempati cekungan yang menurun ini dialiri dan ditampung oleh Sungai Yordan.

Perbatasan Suriah mengikuti bagian dari pantai timur, yang sekarang diduduki oleh Israel sebagai bagian dari Dataran Tinggi Golan.

Ada beberapa mata air mineral, dan beberapa di antaranya merupakan air panas yang kemudian mengalir ke danau, sehingga memberikan danau ini karakter yang asin. Proyek Pembawa Air Nasional Israel menggunakan Laut Galilea sebagai reservoir untuk air yang dipompa ke selatan, melalui Saluran Air Nasional, lalu ke gurun Negev untuk irigasi dan ke dataran pantai untuk mengisi ulang air yang telah habis.

Namun, terlepas dari proyek tersebut, pasokan air Israel pada akhir abad ke-20 dibatasi oleh penurunan permukaan air karena kekeringan musiman yang terjadi saat itu serta meningkatnya permintaan.

 

BACA JUGA: 5 Jenis Makanan Ini Wajib Ada Dalam Daftar Makananmu, Alasannya Alkitabiah Loh!

 

Pada zaman Yesus, ada industri perikanan yang berkembang pesat di danau ini. Beberapa kegiatan penangkapan ikan di danau ini masih terus berlanjut, sekalipun danau ini telah melakukan penangkapan ikan dengan berlebihan.

Seandainya peristiwa tersebut terjadi pada masa kini, empat rasul tersebut sudah pasti terjerat hukum. Pasalnya, Direktorat Kementerian Pertanian Israel mengumumkan larangan mencari ikan di Danau Galilea. Larangan ini terpaksa diberlakukan karena stok ikan di danau dengan panjang kira-kira 21 km dan lebar 13 km tersebut anjlok hingga ke level yang mengkhawatirkan.

Seperti diberitakan surat kabar The Telegraph, Sabtu 3 April 2010, larangan memancing atau menjala ikan ini akan berlaku selama dua tahun untuk menunggu ikan berkembang biak, dan akan efektif pada akhir bulan April. Kebijakan ini akan mengakhiri tradisi mencari ikan sejak masa lalu, dan akan meresahkan para nelayan setempat, serta para peziarah Kristen yang membanjiri danau ini tiap tahun.

Saksikan video Fakta Alkitab: Ikan yang Paling Terkenal di Kalangan Israel Pada Zaman Alkitab di bawah ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami