Meskipun Baik Apakah Tuhan Selalu Menjawab Doa Kita?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 24 June 2023

Kalangan Sendiri

Meskipun Baik Apakah Tuhan Selalu Menjawab Doa Kita?

Erick Christian Contributor
1327

Banyak orang mengira bahwa Tuhan yang baik itu adalah Tuhan yang selalu mengabulkan doa dan permintaan mereka. Justru kebalikannya apabila Tuhan mengabulkan semua permintaan kita maka Ia adalah Tuhan yang jahat. Di saat Tuhan tahu permintaan kita bisa mencelakakan kita atau membuat kita menjauh dari Tuhan tentu sebagai Tuhan yang baik Ia tidak akan mengabulkan permintaan setiap kita. Bahkan mirisnya banyak orang juga mengira dengan mereka berbuat baik bisa mengubah hati Tuhan yang tadinya tidak mengabulkan menjadi dikabulkan, tentu ini adalah pemahaman yang salah.

Ayat alkitab yang cukup populer yang disenangi banyak orang salah satunya adalah Markus 11:24, "Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu."

 

Baca Juga: Ada Jawaban Doa Bagi Mereka yang Percaya Teguh Akan Janji-janji Tuhan

 

Tidak sedikit diantara kita mengartikan ayat ini lepas dari pengertian yang dimaksudkan oleh Tuhan itu sendiri.

Ayat ini sedang menjelaskan kalau kita punya iman yang benar kepada Tuhan otomatis sikap kita berdoa bukan lagi tentang mementingkan keinginan kita tetapi lebih kepada sesuatu yang berguna untuk memuliakan Tuhan. Seperti dalam ayat Firman Tuhan yang tercatat dalam 2 korintus 5:14-15 yang berkata: Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

Tuhan yang baik adalah Tuhan yang tidak selalu menjawab doa dan permintaan kita. Apabila saat ini ada diantara kita yang merasa Tuhan tidak menjawab doanya itu bukan berarti Tuhan tidak peduli. Justru Ketika Tuhan tidak mengiyakan permintaan kita itu adalah salah satu bentuk kepeduliaan dan pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita. Bersyukurlah apabila Tuhan tidak mengiyakan semua permintaan kita karena tidaknya Tuhan pasti selalu ada Iyanya Tuhan yang jauh lebih baik.

 

Baca Juga: Saat Doa Tak Kunjung Dijawab, Lakukan 3 Cara Elia Ini

 

Sama perihalnya ketika orang tua tidak memenuhi semua permintaan anaknya, apakah itu sedang menggambarkan orang tua tidak mengasihi anaknya? Tentu tidak, justru itu adalah bentuk kepedulian yang besar dari orang tua terhadap anaknya. Ia tidak mau anaknya rusak karena permintaannya yang belum ia mengerti. Jadi dari sini kita harus memperbaiki cara kita berpikir, kalau Tuhan tidak mengiyakan permintaan kita bukan berarti Ia jahat atau tidak peduli, tetapi justru karna Ia sangat peduli dan mengasihi kita makanya Ia tidak mengabul semua permintaan kita.

Efesus 3:18-19, "Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah." 

 

 

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

 

DONASI

 

 

 

Halaman :
1

Ikuti Kami