Membangun Pernikahan yang Sehat, Dimulai Dari Saling Menerima Ketidaksempurnaan
Sumber: pexels.com

Marriage / 23 June 2023

Kalangan Sendiri

Membangun Pernikahan yang Sehat, Dimulai Dari Saling Menerima Ketidaksempurnaan

Aprita L Ekanaru Official Writer
3728

Pernikahan yang sehat dimulai dari kesadaran kedua pasangan bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada yang luput dari kesalahan. Apa yang dianggap benar dan tepat oleh satu pasangan mungkin tidak disukai oleh pasangan lainnya. Dalam pernikahan, tidak ada yang benar dan salah yang absolut. Satu hal dapat memiliki makna yang sangat berbeda bagi setiap individu.

 

BACA JUGA: Membangun Komunikasi dengan Pasangan Tak Berarti Harus Banyak Bicara, Begini Caranya...

 

Dari Firman Tuhan di bawah ini kita dapat mengetahui bahwa kita dan pasangan kita memang bukanlah orang yang sempurna:

"Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya." (Yakobus 3:2)

"Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?" (Yesaya 2:22)

"Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" (Roma 3:23)

Dengan pemikiran ini, setiap pasangan perlu saling mengoreksi diri dan siap menerima kritik tanpa menjadi emosional. Komunikasi yang baik sangat penting untuk mencegah terjadinya miskomunikasi dalam pernikahan. Dengan demikian, pernikahan dapat berjalan dengan penuh kebahagiaan bagi kedua pasangan.

Pernikahan yang kuat bukanlah hasil dari dua individu yang sama-sama "kuat". Namun, pernikahan yang kuat terbentuk melalui kerja sama dua individu yang terus belajar dan tumbuh bersama. Mereka tidak merasa selalu benar dan siap menerima bahwa pendapat dan pandangan mereka juga bisa salah.

 

BACA JUGA: 5 Prioritas Utama yang Dapat Anda Implementasikan Dalam Pernikahan

 

Dalam pernikahan yang sehat, kesadaran akan ketidaksempurnaan manusia, penghargaan terhadap perbedaan, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, dan kesediaan untuk terus belajar dan tumbuh bersama menjadi fondasi yang penting. Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, pernikahan dapat berkembang dan memberikan kebahagiaan bagi kedua pasangan.

Sumber : @rabbitholeid | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami