Apakah Seseorang Harus Dibaptis Terlebih Dahulu untuk Diselamatkan Tuhan?
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 13 June 2023

Kalangan Sendiri

Apakah Seseorang Harus Dibaptis Terlebih Dahulu untuk Diselamatkan Tuhan?

Bella Tiurma Official Writer
1660

Pada dasarnya pembaptisan yang dilakukan oleh setiap umat Kristiani merupakan sebuah perintah dari Tuhan Yesus kepada setiap orang percaya sebagai saksi atas identitas kita bersama Yesus dalam kematian, penguburan, dan kebangkitan. 

Hal tersebut berarti kita sebagai umat Kristiani mengambil bagian dalam pembaptisan ini sebagai hasil keselamatan dan sebagai saksi karya penebusan Yesus di kayu salib. Sehingga melalui Roh Kudus yang turun ke dalam diri setiap orang untuk bekerja membantu kita mengingatkan apa yang telah Yesus lakukan untuk menyelamatkan kita. 

“Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” - Kisah Para Rasul 2 : 38 

 

Baca Juga : Apakah Orang Kristen yang Belum Dibaptis Boleh Mengikuti Perjamuan Kudus?

 

Inilah mengapa Yesus datang ke dunia sebagai manusia untuk menyelamatkan dan menebus dosa-dosa kita. Karena tidak ada manusia yang hidup tanpa memiliki dosa. Sehingga ia datang memberikan keselamatan dan menjadikan kita lahir kembali. 

Dimana lahir kembali atau lahir baru merupakan penerimaan undangan kebaikan Allah yang tertulis dalam Roma 2 : 4 “Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?” Melalui ayat tersebut dapat dipahami bahwa kita sebagai manusia biasa mengakui segala dosa, bertobat dalam iman, dan mengalami kelahiran kembali secara rohani. 

Ketika kita telah mengakui segala dosa dan menjadi pribadi baru secara rohani, maka kita telah diselamatkan oleh Tuhan. Karena Allah mengutus Yesus Kristus dengan pribadi yang sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia untuk melakukan sesuatu hal bagi kita apa yang tidak dapat kita lakukan. 

“Jawab Yohanes: "Tidak ada seorang pun yang dapat mengambil sesuatu bagi dirinya, kalau tidak dikaruniakan kepadanya dari sorga.” - Yohanes 3 : 27 

 

Baca Juga : Lewat ‘Baptize SoCal’ Lebih dari 4.000 Orang Dibaptis di Tempat Baptisan Massal Bersejarah

 

Oleh karena itu, dengan iman percaya kepada Tuhan yang datang sebelum pembaptisan akan menerima keselamatan Tuhan, seperti yang tertulis dalam Markus 16 : 16 “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” 

Hal ini sesuai dengan pesan Tuhan kepada kita di dalam Matius 28 : 19 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” Sehingga keselamatan akan diterima oleh setiap umat Kristiani yang diawali dengan sebuah pertobatan dan kemudian aka adanya penerimaan atas Yesus di dalam hidupnya.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami