Waspada Bahaya Kekurangan Turin Hingga Menyebabkan Gangguan Ginjal!
Sumber: alodokter.com

Health / 10 June 2023

Kalangan Sendiri

Waspada Bahaya Kekurangan Turin Hingga Menyebabkan Gangguan Ginjal!

Bella Tiurma Official Writer
1075

Turin atau biasa dikenal sebagai senyawa asam amino yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, perlu ada perhatian bagi setiap orang terkait jumlah yang terkandung dalam tubuh. Meskipun begitu, samapai saat ini belum ada rekomendasi yang tepat terkait dosis turin. 

Namun, beberapa ahli menyarankan bagi orang dewasa membutuhkan turin sebanyak 500 – 3.000 mg per hari. Tetapi asupan yang diterima tubuh pun perlu disesuaikan kembali bagi orang-orang tertentu yang memiliki riwayat penyakit, seperti jantung dan hati. 

Secara alami turin akan dihasilkan oleh tubuh manusia, tetapi turin yang dihasilkan masih memiliki kemungkinan akan terjadi kekurangan. Hal ini akan mungkin terjadi pada seseorang yang kekurangan vitamin A, Zinc, dan asam amino lainnya seperti sistein dan metionin.

Tak hanya itu, turin yang dihasilkan oleh tubuh akan terhambat ketika seseorang mengalami infeksi bakteri yang parah di hati. Serta kurangnya kandungan turin dalam tubuh juga akan mengganggu metabolisme tubuh yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan penglihatan, tekanan darah tinggi, hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid), gangguan ginjal, kecemasan, kelemahan otot, obesitas, bahkan bisa mengalami depresi.

 

Baca Juga : Tahukah Kamu Bahwa Taurin Baik Bagi Kesehatan Manusia? Simak 7 Manfaat Bagi Tubuh...

 

Oleh karena itu, langkah awal untuk mengurangi risiko terjadinya tubuh mengalami kekurangan kandungan turin adalah dengan mengonsumsi makanan-makana yang mengandung turin. Namun, kita perlu memperhatikan bahwa makanan yang mengandung turin tidak tinggi lemak jenuh, gula, dan garam. Hal ini perlu diperhatikan supaya makanan yang dikonsumsi lebih sehat. 

Tak hanya makanan yang perlu sangat diperhatikan, tetapi bagi seseorang yang sering berolahraga dan meminum minuman brenergi sebagai pendukung performa dalam olahraga atau bekerja disarankan untuk tidak dikonsumsi secara banyak. 

Ketika hal ini terjadi, maka akan terjadi adanya efek samping. Sehingga ada baiknya seseorang memerlukan pergi ke dokter untuk berkonsultasi jika ingin mengonsumsi suplemen yang mengandung turine. Konsultasi dokter perlu dilakukan terkhusus ibu hamil dan seseorang dengan riwayat penyakit tertentu. Maka manfaat turin yang diterima oleh tubuh dapat diperoleh secara maksimal. 

Sumber : alodokter.com
Halaman :
1

Ikuti Kami