Ingin Tahu Kehendak Tuhan? Berikut Cara Mendengar dan Membedakan Suara Tuhan
Sumber: englandlogistics.com

Kata Alkitab / 6 June 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Tahu Kehendak Tuhan? Berikut Cara Mendengar dan Membedakan Suara Tuhan

Bella Tiurma Official Writer
2365

Kehidupan yang kita jalani tentu akan diperhadapkan dengan sebuah pilihan dan kita tak mungkin kalau tidak  untuk memilih setiap pilihan yang ada. Khususnya dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani, seperti pakaian yang akan dipakai, kendaraan, jalur perjalanan, makanan, hingga pertemuan sosial. Tak hanya itu, pilihan yang datang dalam kehidupan kita tak hanya dalam jangka pendek saja, tetapi dalam jangka panjang pun kita perlu memilih yang terbaik, seperti tempat kerja, tempat tinggal, hingga pasangan hidup. 

Bermula dari pilihan-pilihan yang kita hadapi akan beriringan dengan sebuah penglihatan maupun pendengaran yang datang dari Tuhan. Dimana ketika seseorang selalu bertindak sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki, maka Tuhan akan semakin memberikan kita suaraNya untuk menjadi pedoman kita melangkah. 

Namun dengan begitu setiap orang akan mengalami kesulitan bagaimana mengetahui dan membedakan mana pilihan yang sesuai atau tidak dengan kehendak Tuhan. Tentu hal ini bukanlah suatu hal yang mudah untuk bisa mendengar suara Tuhan secara langsung. Sehingga kita memerlukan beberapa cara sebagai panduan yang bisa digunakan oleh setiap kita untuk membedakan dan menentukan pilihan agar dapat memperoleh kehendak Tuhan yang terbaik. 

Cara Mendengarkan Suara Tuhan 

1. Penglihatan melalui mimpi 

Tak jarang dan tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang Tuhan dapat berbicara kepada kita melalui pikiran disaat tubuh kita dalam kondisi yang paling rileks. Seperti yang tertulis dalam Ayub 33 : 14 – 16 ““Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya. Dalam mimpi, dalam penglihatan waktu malam, bila orang nyenyak tidur, bila berbaring di atas tempat tidur, maka Ia membuka telinga manusia dan mengejutkan mereka dengan teguran-teguran...” 

Walaupun kita sebagai manusia biasa tidak mampu secara menyeluruh mengeluarkan standar bahwa mimpi yang datang adalah suara Tuhan yang berbicara kepada kita atau hanya sebatas mimpi saja. 

2. Firman Tuhan atau Alkitab 

Cara yang paling umum yang Tuhan pakai untuk berbicara kepada setiap umat Kristiani melalui Firman Tuhan. Seperti yang tertulis dalam Ulangan 28 : 1 "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.” 

3. Melalui Perasaan 

Sebuah perasaan yang kita rasakan atau sebuah firasat yang tiba-tiba muncul, tak ada yang tak mungkin Tuhan sedang berbicara kepada kita. Hal ini disebabkan karena setiap umat Kristiani memiliki Roh Kudus yang berdiam di dalam diri kita. Dimana Roh Kudus pun menggunakan setiap naluri kita dalam menentukan perasaan setiap kondisi yang sebelumnya tidak kita ketahui. 

4. Seseorang 

Tak jarang Tuhan mampu menggunakan seseorang untuk menyampaikan suaraNya kepada setiap orang. Hal ini dapat terjadi karena orang lain yang berbicara kepada kita sebelumnya telah mendengarkan sura Tuhan.

Cara Membedakan Suara Tuhan 

1. Sebuah pilihan yang tidak bertentangan dengan Firman tuhan 

Setiap menghadapi sebuah pilihan dan ingin menentukan pilihan mana yang akan dipilih, maka pertimbangkanlah baik-baik segala pilihan, termasuk pertimbangan dari pikiran pribadi, nasihat orang tua, atau nasihat seorang ahli. Namun, pastikan bahwa pilihan tersebut selaras dengan ajaran Firman Tuhan. Terutama untuk keputusan penting seperti pernikahan atau pekerjaan, penting untuk merujuk kembali ke Alkitab dan memastikan bahwa pilihan tersebut tidak bertentangan dengan Firman Tuhan. 

Oleh karena itu, perluaslah fokus kita pada ajaran Firman Tuhan. Meskipun kita menerima nubuatan masa depan dari seorang hamba Tuhan atau nasihat dari seseorang, tetaplah melakukan pengecekan dengan merujuk kepada Alkitab. 

2. Dalam mengambil sebuah keputusan merasakan adanya damai sejahtera 

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.” - Kolose 3 : 15 

Berdasarkan ayat tersebut ketika kita akan mengambil sebuah keputusan bahkan hal tersebut adalah keputusan besar, kita dapat terlebih dahulu memastikan bahwa ada damai sejahtera yang kita rasakan di dalam hati dan diri kita. 

Oleh karena itu, keputusan yang diambil tidak hanya berdasarkan kepuasan pribadi, tetapi juga melibatkan keteguhan hati dalam menghadapi tantangan dan kesulitan yang mungkin timbul. Lebih penting lagi, keputusan tersebut tidak tergantung pada kondisi atau situasi eksternal, melainkan muncul dari perasaan damai yang ada dalam hati. 

3. Setiap keputusan hanya untuk kemuliaan Tuhan 

Perlu dipertimbangkan apakah keputusan yang diambil akan membawa kita lebih dekat kepada Yesus atau tidak. Keputusan yang diambil saat ini akan berdampak pada masa depan kita. Dimana kondisi kita saat ini adalah hasil dari keputusan yang telah kita buat di masa lalu. 

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa keputusan yang kita ambil akan mendekatkan kita kepada Yesus, memuliakan nama-Nya, dan tidak menjauhkan kita dari Tuhan.

Sumber : crosswalk.com | jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami