Apa yang Tertulis dalam Alkitab Tentang Malaikat Agung?

Kata Alkitab / 5 June 2023

Kalangan Sendiri

Apa yang Tertulis dalam Alkitab Tentang Malaikat Agung?

Bella Tiurma Official Writer
1651

Di dalam Alkitab dibeberapa kesempatan menyebutkan tentang malaikat Agung, seorang yang istimewa bagi Allah dan memiliki peran penting dalam membantu menentukan tujuan Bapa surgawi. Dimana surga memiliki malaikat-malaikat yang bertanggung jawab untuk melakukan perintah Tuhan. 

Dalam Firman Tuhan secara jelas telah menyebutkan malaikat agung sebanyak dua kali dengan menjalankan peran penting dalam perintah Tuhan. Seperti yang tertulis dalam 1 Tesalonika 4 : 16 “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;” 

“Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!" - Yudas 1 : 9 

Tuhan telah memberikan perannya masing-masing kepada setiap malaikat agung. Dimana dalam hal ini malaikat agung memerankan dua peranan penting yang utama, yaitu sebagai hamba Tuhan dan membantu umat manusia. Hal ini tertulis dalam kitab Mazmur 103 : 20 “Pujilah TUHAN, hai malaikat-malaikat-Nya, hai pahlawan-pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya.” 

Peran utama yang dilakukan oleh malaikat agung, seperti pada kisah malaikat Michael yang tertulis dalam Wahyu 12 : 7 – 12. Dimana dalam kisahnya menceritakan bagaimana ia membuktikan dirinya adalah hamba Tuhan yang mampu melawan iblis di surga. Setelah memenangkan perlawanan terhadap iblis, ia mampu memngusir iblis dari surga. 

Melalui kisah malaikat Michael, kita melihat bahwa peran pertama malaikat agung sebagai hamba Tuhan dengan diperlihatkannya kesetiaan malaikat Michael yang merupakan kesetiaan yang sebenarnya kepada Tuhan. Selain itu, peran kedua sebagai sosok yang membantu manusa adalah disaat ia melawan iblis dalam tubuh Musa. 

Peranan malaikat agung dipilih Tuhan untuk menjadi seorang pemimpin diantara malaikat-malaikat lainnya dalam melawan kejahatan. Para malaikat ini adalah wujud sebuah kesetiaan dalam menjalankan perintah Tuhan yang tidak akan berhenti. 

Dengan demikian, setiap peran yang dilakukan oleh para malaikat agung, kita sebagai umat Kristiani tidak diperbolehkan untuk menyembahnya. Setiap kegiatan rohani yang dilakukan oleh umat kristiani hanya ditujukan kepada Tuhan. Meskipun kebanyakan dari kita percaya bahwa setiap umat Kristiani dapat menaikan permohonan doa kepada Tuhan untuk mengirimkan malaikat sebagai pelindung kita dari segala kejahatan. 

Firman Tuhan mengatakan bahwa malaikat adalah roh-roh yang melayani Tuhan yang diutus untuk membantu umatNya, seperti yang tertulis dalam Ibrani 1 : 14 “Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?” Karena setiap umat kristiani tidak dapat menghadapi dan melawan iblis dengan kemampuannya sendiri. Untuk itu, kita dapat meminta kepada Tuhan agar mengirimkan malaikatNya untuk membantu kita.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami