Mau Regenerasi Pemimpin di Gereja? Begini Langkah-langkah Mengembangkan Kepemimpinan
Sumber: Vanguard News

Relationship / 2 June 2023

Kalangan Sendiri

Mau Regenerasi Pemimpin di Gereja? Begini Langkah-langkah Mengembangkan Kepemimpinan

Claudia Jessica Official Writer
2878

4. Motivasi

Sebagai pemimpin, salah satu tugas Anda adalah memotivasi anggota tim Anda. Namun, langkah ini juga berlaku ketika Anda ingin mengembangkan calon pemimpin baru di dalam tim. Ketika Anda melihat potensi kepemimpinan pada seorang anggota tim, berikan motivasi kepada mereka untuk mengambil peran kepemimpinan dan memimpin kelompok mereka sendiri. Berikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan mereka, dorong mereka untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, dan berikan dukungan yang mereka butuhkan dalam perjalanan mereka sebagai pemimpin

 

BACA JUGA: Bukan Cuma Dengar Khotbah, 3 Faktor Ini yang Banyak Dicari Anak Muda di Gereja

 

5. Multiply – Pemimpin baru menjadi mentor

Setelah Anda berhasil mengembangkan calon pemimpin di dalam tim, langkah selanjutnya adalah memperluas pengaruh kepemimpinan Anda melalui konsep "multiply". Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak calon pemimpin untuk menjadi mentor bagi anggota tim lainnya. Dengan menjadi mentor, calon pemimpin dapat mengasah keterampilan kepemimpinan mereka sambil membantu anggota tim lainnya dalam pengembangan diri mereka.

Dalam menggenapkan regenerasi kepemimpinan gereja, penting untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan dukungan kepada generasi muda. Memberikan ruang dan kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan dan perencanaan gereja juga sangat penting. Dengan cara ini, gereja dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, sementara generasi selanjutnya dapat mengasah dan mengaplikasikan kepemimpinan mereka untuk kemuliaan Tuhan dan pertumbuhan gereja.

 

BACA JUGA: Rahasia Memimpin yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

 

Namun, dalam regenerasi kepemimpinan gereja, juga penting untuk menghindari jebakan ego atau menjadikan pemilihan pemimpin sebagai ajang persaingan. Proses regenerasi harus didasarkan pada integritas, panggilan rohani, dan kesesuaian kualifikasi dengan tanggung jawab kepemimpinan.

Selain itu, penting untuk mengutamakan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang sesuai dengan ajaran Alkitab. Pemimpin gereja harus mampu menjadi teladan dalam hidupnya, mempraktikkan kasih, kerendahan hati, kesetiaan, dan ketekunan dalam pelayanan. Mereka harus mampu memimpin dengan kebijaksanaan, bijaksana, dan berdasarkan prinsip-prinsip moral yang kuat.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami