Ternyata Ini 3 Tugas Penting Gereja Dalam Melayani Umat Tuhan
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 12 May 2023

Kalangan Sendiri

Ternyata Ini 3 Tugas Penting Gereja Dalam Melayani Umat Tuhan

Wisnu Prianggani Contributor
2970

Gereja adalah istilah yang merujuk pada komunitas atau persekutuan orang-orang yang percaya dan mengikuti Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Gereja adalah suatu komunitas orang percaya dalam Kristus yang bersatu dalam satu persekutuan, bersaksi tentang keselamatan melalui Yesus Kristus, dan melayani sesama manusia dengan kasih dan belas kasih. Jika Anda adalah bagian dari gereja makan perlu untuk memahami tri tugas utama gereja yaitu koinonia, marturia, dan diakonia.

Tugas 1: Koinonia

Tugas pertama gereja, yaitu menjalin persekutuan atau hubungan yang erat antara sesama pengikut Yesus Kristus. Sebagai komunitas yang saling mendukung dan membangun satu sama lain, koinonia memiliki peran penting dalam pertumbuhan rohani kita. Kita belajar dari Paulus di dalam Surat Filipi 2:1-2, “Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan”

 

Baca Juga: Mengajarkan Firman Tuhan Kepada Anak, Sebagai Tugas Gereja

 

Tugas 2: Marturia

Tugas kedua gereja, yaitu memberitakan Injil Kristus kepada dunia. Hal ini meliputi memperkenalkan Yesus Kristus dan ajaran-ajarannya kepada orang-orang yang belum mengenal-Nya, serta memperlihatkan bagaimana kepercayaan kepada-Nya memengaruhi hidup sehari-hari. Tujuan dari tugas ini tentu saja adalah untuk membawa orang kepada pengenalan akan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Mengenai tugas ini kita bisa belajar dari Yesus Kristus sendiri di dalam Matius 28:19-20, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

 

Tugas 3: Diakonia

Tugas ketiga gereja, yaitu memberikan pelayanan kepada sesama manusia dengan kasih dan belas kasih. Hal ini termasuk memberikan bantuan dan dukungan kepada orang yang membutuhkan, seperti orang miskin, orang sakit, dan mereka yang terpinggirkan. Diakonia juga mencakup pekerjaan sosial dan kemanusiaan, seperti menyediakan tempat tinggal untuk orang yang tak memiliki rumah, memberikan makanan bagi mereka yang kelaparan, dan memberikan perawatan medis bagi mereka yang sakit. Dalam Matius 25:35-36, Yesus berkata “Ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan, dan ketika Aku dahaga, kamu memberi Aku minum. Aku seorang asing, tetapi kamu menyambut Aku ke dalam rumah kamu. Aku tidak berpakaian, dan kamu memberi Aku pakaian. Aku jatuh sakit, dan kamu merawat Aku. Aku dipenjarakan, dan kamu melawat Aku.” Ini adalah hal yang harus diperhatikan agar gereja dapat mengerjakan bagiannya dengan tepat untuk melayani sesama.

 

Baca Juga: Menelusuri Arti Koinonia dalam Perjanjian Baru

 

Tri tugas ini tentu saja saling terkait dan saling memengaruhi dalam prakteknya. Sebagai contoh, pelayanan diakonia dapat menjadi kesempatan untuk bersaksi tentang kepercayaan kepada Yesus Kristus, sedangkan marturia dapat memperkuat dan memperdalam persekutuan dalam koinonia. Begitu juga dengan koinonia, dapat menjadi fondasi yang kuat bagi pelayanan diakonia dan memberi tahu dunia bahwa kasih Kristus ada di antara kita. Tidak ada satu tugas pun yang lebih penting daripada tugas yang lainnya, karena semuanya saling melengkapi dan saling mendukung dalam memperkenalkan kasih Kristus di dunia ini

Mari kita bersatu dalam koinonia, bersaksi dengan marturia, dan melayani dengan diakonia untuk memuliakan Tuhan dan membawa berkat bagi sesama manusia. Sebagaimana tertulis dalam Efesus 4:16, “Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, – yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota – menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.”

Halaman :
1

Ikuti Kami