Klasemen Medali SEA Games 2023, Indonesia Naik ke Peringkat 4
Sumber: gardamedannews.com

News / 10 May 2023

Kalangan Sendiri

Klasemen Medali SEA Games 2023, Indonesia Naik ke Peringkat 4

Claudia Jessica Official Writer
949

Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-32, atau SEA Games ke-32, yang dikenal sebagai Kamboja 2023 telah dimulai sejak 5 Mei 2023 dan akan berakhir pada 17 Mei 2023 mendatang. Pesta olahraga yang diadakan di Kamboja ini memperebutkan medali di 36 cabang olahraga.

Sampai pada hari ini saat artikel ini diterbitkan, Indonesia menduduki posisi kelima dengan perolehan 25 medali emas, 22 medali perak, dan 54 medali perunggu.

Medali emas pertama untuk Sang Merah Putih diperoleh Rashif Amila Yaqin dari Triathlon. Rashif juga berhasil merebut medali emas di nomor Aquathlon putra sebagai atlet tunggal.

Medali emas terus bertambah yang disumbangkan dari cabang Atletik. Kategori maraton juga menyusul medali emas bagi Indonesia, di mana Agus Prayogo dan Odekta Elvina Naibaho berhasil mempersembahkan medali emas yang membanggakan bagi Indonesia.

Cabang olahraga selanjutnya yang merebut medali dua medali emas di Sea Games 2023 adalah cabang olahraga sepeda. Melalui pencapaian gemilang dari atlet-atletnya, Sayu Bella Dewi menjadi yang terbaik dalam nomor MTB Women's Cross Country dan berhasil membawa pulang medali emas, sementara Feri Yudoyono tampil mengesankan dalam nomor MTB Men's Cross Country.

Ahmad Zigi Zaresta mencapai prestasi gemilang dengan meraih medali emas dari nomor Individual kata putra dalam cabang karate, menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2023. Sementara itu, Manik Trisna dari cabang olahraga Vovinam juga memberikan kontribusi emas ketujuh bagi Indonesia dalam kompetisi tersebut, menjadi yang terbaik dalam nomor Drago Tiger Form Female.

Sementara itu, emas ke delapan disumbangkan oleh Hendro Yap dari cabor jalan cepat setelah menjuarai nomor 20 km yang berlangsung di Angkor Wet, Siem Reaf, Kamboja.

Setiap harinya selalu ada tambahan medali emas yang dipersembahkan oleh para atlet Indonesia, diantaranya adalah Manik Trisna dalam olahraga vovinam kategori putri di nomor Yin Yang Sword Form, tim balap sepeda Indonesia jadi juara di nomor Mixed MTB Cross Country, cabor pencak silat dengan dua emas yang diraih oleh tim putranya di nomor artistik regu dan Puspa Arum Sari memenangi nomor artistik tunggal di sektor putri.

Tak mau ketinggalan, tim Indoor Hockey putra utama juga menyabet medali emas. Dua medali emas tambahan juga berhasil didapatkan dalam cabang renang putra dan putri pada nomor yang sama, yakni 50 meter gaya punggung. Keberhasilan tersebut diraih oleh I Gede Siman Sudartawa dan Masniari Wolf.

Di hari Senin, 8 Mei 2023, perwakilan Indonesia berhasil menambah enam medali emas lagi melalui cabong seni bela diri khas Kamboja sebagai yang terbaik di kategori putra dan putri di nomor bare hand form group, sementara duet Gema Nur Arifin dan Yazid Hanifam Kurniawan mendulang medali juara di sektor putra nomor duo group performance.

Di sisi lain, Dara Latifah, atlet balap sepeda putri, meraih medali emas setelah menjadi juara di nomor Mountain Bike Eliminator. Selain itu, emas tambahan juga diperoleh dari cabang atletik melalui prestasi Abdul Hafiz dalam nomor lempar lembing pria. Sedangkan tim putra Indonesia berhasil meraih medali emas dalam cabang bola voli indoor.

Pada hari Selasa (09/05), Indonesia berhasil meraih tiga medali emas tambahan. Dalam cabang vovinam, pasangan atlet wanita Ni Made Purnami dan Putu Wahana Maha Yoni berhasil menjadi juara dalam nomor Women's Pair Knife Form. Selain itu, tim tenis putri Indonesia juga mencatat prestasi yang luar biasa dengan meraih medali emas, disusul oleh keberhasilan tim soft tennis putra dalam menjadi juara dan mengibarkan bendera Merah-Putih.

Sementara itu di hari Rabu (10/05) Indonesia telah menambah perolehan poinnya sehingga berhasil naik ke peringkat empat dengan 29 medali emas, 26 medali perak, dan 54 medali perunggu.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami