Kurang Minum Bisa Bikin Ginjal Rusak, Kenali 6 Tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih
Sumber: alodokter.com

Health / 10 May 2023

Kalangan Sendiri

Kurang Minum Bisa Bikin Ginjal Rusak, Kenali 6 Tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih

Bella Tiurma Official Writer
1271

Sebagian besar kebutuhan tubuh manusia memerlukan kandungan air yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh, seperti melancarkan pencernaan, mengeluarkan proses pengeluaran racun dalam tubuh, sebagai penyeimbang kadar mineral, dan membantu proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. 

60% - 70% dari tubuh manusia adalah kandungan air atau sekitar 2/3 berat tubuh, sehingga kebutuhan akan cairan dalam tubuh sangat diperlukan. Kurangnya mengkonsumsi air akan membuat tubuh manusia menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini akan menjadi cepat terjadi bagi setiap orang dipengaruhi dari cuaca panas yang ekstrem akhir-akhir ini. 

Banyak anjuran yang menyarankan untuk minum air putih 8 gelas per hari sebagai salah satu cara menjaga kestabilan cairan dalam tubuh. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang lebih menyukai untuk meminum minuman manis dibandingkan air putih. kenikmatan minuman manis lebih menarik bagi kebanyakan orang yang hanya melepaskan dahaga di saat cuaca panas ekstrem dibandingkan minum air putih untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : 3 Kebiasaan Sepele yang Biasa Kita Lakukan Ternyata Berpengaruh Besar Bagi Kesehatan Lho!

Ketika tubuh terasa kekurangan cairan, tubuh akan mengirimkan sinyal yang tidak boleh diabaikan apalagi hingga merasakan dehidrasi. Simak 6 tanda tubuh kekurangan cairan. 

1. Mulut Kering 

Salah satu tanda umum yang dapat disadari oleh setiap orang ketika tubuh kurang minum air putih adalah mulut yang menjadi kering. Hal ini dapat terjadi karena kelenjar ludah tidak memiliki cairan yang cukup untuk dapat menghasilkan air liur. Sehingga ketika tubuh kurang minum air putih, mulut akan menjadi kering. 

Ketika hal ini diabaikan akan menjadi berkembang ke masalah lainnya, yaitu bibir kering, mulut terasa terbakar, dan memicu bau mulut.  

2. Mata Kering 

Kurangnya minum air putih tidak hanya menyebabkan mulut kering, tetapi seseorang yang tidak tercukupi kebutuhan air putihnya juga akan menyebabkan mata kering. Hal ini dapat terjadi karena tubuh tidak cukup untuk menghasilkan air mata.

Ketika tidak tercukupinya kebutuhan air dan mata menjadi kering tidak dengan cepat diatasi, akan mengalami iritasi bahkan menimbulkan penglihatan menjadi kabur.

Baca Juga : Aturan Sehat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

3. Sembelit 

Salah satu fungsi utama cairan pada tubuh manusia adalah melancarkan pencernaan tubuh, dimana cairan akan menjaga feses agar tetap mudah dikeluarkan secara teratur. Sehingga ketika seseorang tidak terpenuhi kebutuhan air putihnya akan mengakibatkan feses yang seharusnya dikeluarkan dari usus menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan, inilah menjadi salah satu gejala sembelit. Selain itu, kurangnya kebutuhan air putih bagi tubuh juga akan mengganggu proses penyerapan makanan 

4. Urine Menjadi Gelap 

Pada umumnya setiap orang akan menjadikan warna urine sebagai patokan bahwa dirinya kurang minum air putih. Melalui laman kementrian kesehatan menjelaskan bahwa disaat seseorang kekurangan cairan, organ tubuh manusia khususnya ginjal akan menahan cairan sebanyak mungkin untuk mempertahankan fungsi kinerjanya.

Hal ini akan mengakibatkan seseorang akan menjadi jarang buang air kecil, dan ketika buang air kecil urine yang dikeluarkan warnanya akan menjadi gelap, serta mengeluarkan bau yang tidak sedap dan terlihat lebih keruh. Tak hanya itu, hal ini akan memiliki resiko lain, yaitu terinfeksinya saluran kemih yang memberikan dampak kurangnya air untuk membantu proses pembuangan racun dan bakteri pada tubuh  

5. Kelelahan dan Lemas 

Tidak tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh akan memberikan dampak penurunan volume darah. Bila tubuh mengalami kekurangan darah yang terhidrasi akan menghamabat penyebaran oksigen dan nutrisi ke seluruh el-sel tubuh. 

Tak hanya itu, kurangnya cairan akan membuat tekanan darah menjadi rendah, sehingga mengakibatkan darah mengalir menjadi lambat ke otak dan akan memicu detak jantung menjadi meningkat. Hal ini akan menyebabkan tubuh merasakan lelah dan lemas.

Baca Juga : 4 Manfaat Air Putih Untuk Kulit

6. Kulit Kering 

Organ tubuh manusia tentu dilapisi dan dilindungi oleh kulit, dimana kulit memerlukan persediaan darah yang cukup untuk menjaga fungsinya, seperti kelembapan dan menjaga kebersihan kulit dari kotoran dan minyak. Ketika tubuh kekurangan cairan maka kulit akan kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya. Sehingga kulit menjadi kering, terkelupas, munculnya garis-garis halus, dan kulit menjadi kendur.

Sumber : kemenkes.go.id | hellosehat.com
Halaman :
1

Ikuti Kami