Hoarding Disorder, Penyakit yang Biarkan Rumah Kotor Seperti Dokter Wayan di Karawang
Sumber: canva.com

Health / 8 May 2023

Kalangan Sendiri

Hoarding Disorder, Penyakit yang Biarkan Rumah Kotor Seperti Dokter Wayan di Karawang

Wisnu Prianggani Contributor
1171

Dokter Wayan adalah seorang nama pria 58 tahun yang belakangan tengah viral di media sosial dan menjadi topik pembicaraan warganet karena membuka praktik di rumahnya yang dibiarkan kotor dan terbengkalai. Meski kondisi rumahnya dianggap tidak wajar karena sangat berantakan, diketahui bahwa dokter Wayan tetap memiliki pasien yang datang dari beberapa daerah untuk berobat kepadanya karena ia memiliki resep obat yang dikenal manjur dan murah.

Sebenarnya belum diketahui secara detail mengenai kondidi kejiwaan dokter Wayan saat ini. Namun beberapa warganet mengaitkan situasinya saat ini dengan kondisi pernikahan dokter Wayan yang tidak berjalan dengan baik karena sudah menikah dua kali dengan berakhir kepada perceraian.

Kondisi dokter Wayan mengingatkan kita kepada salah satu gangguan mental bernama hoarding disorder. Hoarding disorder adalah salah satu bentuk gangguan mental yang ditandai dengan perilaku menimbun barang atau benda dalam jumlah yang berlebihan sehingga membuat tempat tinggal tidak lagi bersih tapi kotor secara berlebihan. Gangguan ini tentu bisa datang dari beragam masalah dan sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

 

Baca Juga: Musim Hujan dan Banjir, Waspadai Penyakit Ini!

 

Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi hoarding disorder agar kesehatan mental dapat terjaga kembali. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Kenali permasalahan

Penting sekali untuk mengakui bahwa ada permasalahan dengan perilaku menimbun barang. Tanpa mengenali bahwa perilaku tersebut merupakan suatu masalah, sulit untuk menemukan solusi yang tepat.

 

2. Jangan takut meminta bantuan

Jika perlu, jangan takut untuk meminta bantuan dari orang terdekat atau profesional kesehatan mental. Mereka dapat memberikan dukungan dan bantuan dalam mengatasi masalah hoarding disorder.

 

3. Ubah pola pikir

Menyadari bahwa tidak semua benda perlu disimpan adalah salah satu cara untuk mengubah pola pikir yang salah tentang menimbun barang. Pikirkan kembali mana yang benar-benar penting dan apa yang dapat ditinggalkan.

 

Baca Juga: Telan Air Kolam Bisa Sebabkan 5 Penyakit Parah Ini Loh...

 

4. Atur jadwal pembersihan

Membuat jadwal pembersihan dan menyingkirkan barang yang tidak diperlukan dapat membantu mengurangi ketergantungan pada benda atau barang.

 

5. Jangan ragu untuk melepas barang

Memikirkan tentang keuntungan yang akan didapat dari melepas barang atau benda yang tidak diperlukan dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketakutan akan kehilangan barang.

Selain beberapa tips di atas, memiliki pandangan yang positif dalam hidup dan mengandalkan Tuhan dalam hidup kita juga dapat membantu kita mengatasi berbagai masalah mental, termasuk hoarding disorder. Alkitab mengajarkan bahwa kita dapat menyerahkan kekhawatiran kita kepada Tuhan karena Dia peduli dengan kita, 1 Petrus 5:7, yaitu “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” Ketika kita menyerahkan masalah kita kepada-Nya, tentu saja kita akan merasakan kedamaian yang tidak terdapat dalam dunia ini. Kiranya kita dapat menjaga kesehatan mental kita untuk dapat hidup dengan sehat dan menjadi berkat di manapun kita berada.

Halaman :
1

Ikuti Kami