Fakta Alkitab: BERTOBATLAH! 5 Bencana ini Bisa Musnahkan Manusia di Jaman Alkitab dan Masih Ada!
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 5 May 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: BERTOBATLAH! 5 Bencana ini Bisa Musnahkan Manusia di Jaman Alkitab dan Masih Ada!

Wisnu Prianggani Contributor
1017

Apakah Anda pernah mendengar atau mengingat sebuah berita mengenai bencana alam berupa gempa bumi yang melanda negara Turki dan Suriah beberapa waktu yang lalu? Jika kita mengikuti perkembangan beritanya, berdasarkan kabar yang diberikan oleh pihak berwenang, kita mendapatkan informasi bahwa bencana dahsyat ini menelan korban jiwa lebih dari 45.000 jiwa pada waktu itu.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa bencana alam yang lebih dahsyat pernah terjadi di bumi ini? Fakta-faktanya dapat ditemukan di dalam Alkitab yang pernah mencatat beberapa bencana alam yang terjadi dalam sejarah Israel dan bangsa-bangsa di sekitarnya. Apa saja bencana alam yang pernah terjadi? Simaklah informasi lengkapnya tentang topik ini dalam Fakta Alkitab berikut ini.

1. Air Bah

Air bah dalam Kitab Kejadian 6-9 memiliki dapmpak yang sangat besar. Selain hampir menyebabkan kematian seluruh manusia dan binatang di bumi, air bah juga memperlihatkan kemurahan Tuhan terhadap Nuh dan keluarganya yang terpilih untuk diselamatkan. Air bah juga menjadi peringatan bagi manusia bahwa dosa dan kejahatan akan mendatangkan hukuman yang berat dari Tuhan.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Sekte Sesat yang Ada di Bumi Sebelum Akhir Zaman

 

2. Letusan Gunung Api

Dampak dari letusan gunung api yang terjadi dalam Keluaran 19 ini adalah memberikan gambaran tentang kuasa dan kebesaran Allah dalam bentuk yang sangat menakutkan bagi manusia di dalam Keluaran 19:18, yaitu “Gunung Sinai ditutupi seluruhnya dengan asap, karena TUHAN turun ke atasnya dalam api; asapnya membubung seperti asap dari dapur, dan seluruh gunung itu gemetar sangat.” Letusan gunung api tersebut digambarkan sebagai suara yang sangat keras, kilatan petir yang menerangi gunung, asap yang menghitamkan langit, dan juga guntur yang sangat dahsyat dan gempa bumi yang mengguncangkan tempat itu. Selain itu, letusan gunung api ini juga menjadi awal dari pengungkapan hukum Taurat kepada bangsa Israel. Allah memberikan hukum-hukum-Nya kepada bangsa Israel melalui Musa di atas gunung Sinai setelah letusan gunung api tersebut.

 

3. Gempa Bumi

Gempa bumi yang disebutkan dalam Kisah Para Rasul 16:24 terjadi saat Paulus dan Silas sedang dipenjara di Filipi. Gempa tersebut diyakini sebagai suatu tanda dari Tuhan karena terjadi pada saat yang tepat dan memungkinkan Paulus dan Silas untuk melarikan diri dari penjara. Dampak gempa bumi ini sangat besar karena seluruh penjara diguncang sehingga pintu-pintu terbuka dan belenggu-belenggu mereka terlepas. Para penghuni penjara juga merasa terkejut dan ketakutan akibat gempa tersebut. Namun, dampak yang paling signifikan adalah bahwa Paulus dan Silas dapat melarikan diri dari penjara. Peristiwa ini menjadi suatu tanda kekuasaan Tuhan yang menunjukkan bahwa Dia dapat melindungi dan menyelamatkan para pengikut-Nya dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

 

4. Hujan Salju

Allah menunjukan kekuasaannya melalui berbagai cara termasuk peristiwa bencana dan fenomena alam. Hujan salju disebutkan dalam Mazmur 148:8, yaitu “hai api dan hujan es, salju dan kabut, angin badai yang melakukan firman-Nya.” Jika hujan salju terlalu lebat maka akan memicu bencana lain seperti banjir dan longsor yang dapat menimbulkan kerugian an korban jiwa.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Sejarah Salib dan Alasan Kenapa Yesus Disalibkan

 

5. Angin Topan (Yunus)

Allah memerintahkan Yunus untuk pergi ke Niniwe dan menyampaikan pesan-Nya, namun Yunus menolak tugas tersebut dan berusaha melarikan diri dengan naik kapal ke arah yang berlawanan. Dalam perjalanan tersebut, Allah mengirimkan angin topan yang begitu kuat sehingga kapal yang ditumpangi Yunus hampir tenggelam. Dalam kisah ini, dampak angin topan yang terjadi di atas kapal bisa menjadi simbol kekuasaan Allah dan kemurkaannya terhadap ketidakpatuhan manusia dan kemurahan Allah yang masih menerima Yunus untuk kembali kepada-Nya.

Beberapa bencana alam yang sudah terjadi memang mengakibatkan dampak serius bagi orang-orang yang mengalaminya secara fisik maupun mental. Walaupun beberapa dari kita mengaitkan bencana alam sebagai hukuman dan teguran dari Allah, kita juga harus bisa memahami bahwa bencana alam adalah sebuah ujian yang akan memperkuat iman kita. Selain itu kita juga jadi memiliki kesempatan untuk dapat saling membantu satu sama lain dan berbagi kepada sesama. Sebagai orang Kristen, kita juga harus peraya bahwa Allah selalu hadir dalam setiap situasi dan memberikan kekuatan serta penghiburan bagi siapapun yang membutuhkan.

Ternyata jika menelusuri Alkitab, ada banyak fakta-fakta luar biasa yang masih bisa kita temui dan menguatkan iman kita hingga saat ini. Untuk itu pastikan Anda untuk mengunjungi dan subscribe Jawaban Channel.

 

Halaman :
1

Ikuti Kami