Inilah Janji-Janji Tuhan yang Perlu Orang Kristen Ketahui
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 28 April 2023

Kalangan Sendiri

Inilah Janji-Janji Tuhan yang Perlu Orang Kristen Ketahui

Wisnu Prianggani Contributor
1710

Tahukah Anda bahwa Alkitab adalah sebuah buku yang dipenuhi dengan janji-janji Tuhan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan kita. Bahkan menurut sebuah sumber, ada terdapat 3573 janji yang tertulis dalam Alkitab. Janji-janji ini tentu saja memberikan harapan, kekuatan, dan kepercayaan bagi setiap orang yang mempercayainya. 

Kata "janji" di dalam Alkitab versi King James muncul lebih dari 50 kali. Setiap kali kata tersebut muncul, selalu ada janji-janji Tuhan yang akan terwujud. Sebagai contoh dalam Kejadian 3:15, yaitu “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” Tuhan memberikan janji pertama bahwa Ia akan menempatkan permusuhan antara ular dan perempuan, serta keturunan mereka. 

 

Baca Juga: Ada Jawaban Doa Bagi Mereka yang Percaya Teguh Akan Janji-janji Tuhan

 

Janji ini tentu saja terpenuhi ketika Yesus datang ke dunia dan mengalahkan iblis melalui kematian dan kebangkitan-Nya. Di dalam Alkitab juga terdapat janji-janji yang diberikan kepada mereka yang mengatasi segala sesuatunya. Wahyu 2:7, yaitu “Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah.” Ayat ini memberikan janji kepada orang yang mengatasi segala sesuatunya bahwa ia akan diberikan makan dari pohon kehidupan yang terletak di tengah-tengah taman surgawi Allah. 

Selain itu, Alkitab juga mengandung janji-janji yang memberikan kekuatan dan penghiburan dalam situasi tertentu. Misalnya, dalam Mazmur 23:4, yaitu “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.” Tuhan memberikan janji bahwa walaupun kita berjalan dalam lembah kekelaman, kita tidak perlu takut karena Ia bersama kita. Janji ini memberikan kepercayaan bahwa Tuhan selalu hadir dan menuntun kita dalam setiap langkah kehidupan kita. Ada banyak janji-janji lain yang terdapat dalam Alkitab. 

Tidak semua janji terpenuhi dalam hidup ini, tetapi Tuhan selalu menepati janji-janji-Nya pada waktu yang tepat. Kita harus memiliki kepercayaan dan kesabaran dalam menanti janji-janji-Nya terwujud. Namun, janji-janji Tuhan dalam Alkitab juga memerlukan tindakan dari kita. Dalam Yakobus 2:26, yaitu “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.” dikatakan bahwa iman tanpa tindakan adalah mati. Artinya, kita harus menunjukkan iman kita melalui tindakan dan perilaku kita. 

 

Baca Juga: 24 Janji Tuhan di Alkitab Dalam Perjanjian Baru

 

Kita harus berusaha untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan melakukan apa yang Dia inginkan. Janji-janji Tuhan juga mengingatkan kita bahwa hidup ini tidaklah abadi. Ada janji terakhir dalam Alkitab, yaitu Wahyu 22:20, yaitu “Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: ”Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus!” yang mengatakan bahwa Tuhan akan segera datang. Janji ini memberikan harapan bagi kita bahwa suatu saat nanti Tuhan akan datang dan membawa kita ke surga-Nya. Janji-janji Tuhan dalam Alkitab juga mengajarkan kita untuk hidup dengan harapan. 

Meskipun hidup ini penuh dengan cobaan dan tantangan, kita dapat mempercayai bahwa Tuhan selalu hadir untuk membantu dan memberikan jalan keluar. Janji-janji-Nya memberikan harapan dan kekuatan bagi kita untuk melalui masa-masa sulit. Dalam hidup ini, kita mungkin sering merasa kecewa atau kehilangan harapan. Namun, janji-janji Tuhan dalam Alkitab memberikan kita jaminan bahwa Dia selalu hadir dan memenuhi janji-Nya. Kita hanya perlu mempercayai-Nya dan menunjukkan iman kita melalui tindakan yang sesuai dengan kehendak-Nya.

Halaman :
1

Ikuti Kami