Selain Menampakkan Diri pada MuridNya,4 Hal Yang Tuhan Yesus Lakukan Sebelum Naik Ke Surga
Sumber: tribunnews.com

Kata Alkitab / 26 April 2023

Kalangan Sendiri

Selain Menampakkan Diri pada MuridNya,4 Hal Yang Tuhan Yesus Lakukan Sebelum Naik Ke Surga

Bella Tiurma Official Writer
2306

Kenaikan Yesus ke surga merupakan peristiwa yang terjadi 40 hari setelah kebangkitanNya. Dimana selama 40 hari ini Yesus telah menunjukkan diriNya kepada murid-muridNya dan beberapa tanda yang Yesus berikan untuk membuktikan bahwa Ia telah bangkit. 

Seperti yang tertulis dalam Kisah Para Rasul 1 : 3 “Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.” 

Setelah kebangkitannya, Yesus muncul dan hilang secara tiba-tiba karena Ia tidak lagi tunduk pada keterbatasan fisik tubuh manusia. Di dalam kitab Kisah Para Rasul tercatat bahwa setelah kebangkitanNya, Yesus tidak segera naik ke surga.

Dalam kemunculan Yesus di hadapan banyak orang untuk membuktikan bahwa Ia telah bangkit, Yesus juga melakukan beberapa hal sebelum naik ke surga. Simak 4 hal utama yang Tuhan Yesus lakukan berikut ini. 

1. Membuktikan bahwa diri-Nya benar-benar hidup 

Lukas memberiktahukan bahwa Yesus membuktikan diri-Nya hidup dengan banyak bukti yang meyakinkan. Dimana setelah kebangkitan Yesus, Ia bangkit dalam tubuh yang dimuliakan. Yesus menampakkan dirinya sebanyak tiga kali sebagai bukti bahwa Yesus telah bangkit dari kematian.

Baca Juga : 4 Alasan Yesus Tinggal 40 Hari di Bumi Sebelum Naik ke Surga

Di dalam pembuktian ini Yesus memberikan tiga kebenaran untuk setiap umat Kristiani ingat akan kebangkitanNya, yaitu landasan iman orang percaya, jawaban atas keraguan kita, dan alasan dari harapan kita. 

2. Kematian bukanlah akhir 

Selama 40 hari diantara kebangkitan dan kenaikan-Nya, Yesus yang sama yang hadir dan menolong setiap umatNya. KematianNya tidak menghancurkan kepribadianNya ataupun membuatNya tidak dapat dikenali. Hal ini mengajarkan kepada setiap umat Kristiani bahwa adanya ketidakmampuan dari kematian untuk memisahkan setiap orang percaya dari Yesus. 

Selain itu, setiap umat Kristiani diajarkan bahwa adanya keabadian kasih Yesus. Dalam Roma 8 : 38 – 39 dapat meyakinkan setiap orang percaya bahwa tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah di dalam Kristus Yesus. 

3. Memberikan perintah kepada para rasul 

Yesus memberikan perintah kepada para rasul melalui Roh Kudus yang disebut sebagai Amanat Agung. Dimana Yesus memerintahkan jadikan semua bangsa muridKu, membaptis setiap orang percaya dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus, serta mengajarkan kepada setiap umat Kristiani untuk melakukan semua hal yang telah Yesus perintahkan.

Baca Juga : Yesus Menampakkan Diri 12 Kali Setelah Kebangkitan-Nya (1/2)

Dalam Kisah Para Rasul 1 : 4 – 5, 8 menyatakan bahwa Yesus memerintahkan pada para rasul untuk menunggu ke Yerusalem agar Roh Kudus turun dan menjadikannya sebagai saksi Yesus hingga ke ujung bumi. 

4. Berbicara tentang Kerajaan Allah 

Merujuk pada Kisah Para Rasul 1 : 3, Yesus telah membicarakan pada murid-muridNya tentang Kerajaan Allah. Hal ini sama seperti yang tertulis dalam Lukas 4 : 43 “Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." Dimana Yesus diutus untuk tujuan memberitakan Kerajaaan Allah. 

Dimana setiap umat Kristiani terlebih dahulu mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya, yang berarti setiap umat Kristiani secara sadar untuk menolak matrealisme dan keegoisan duniawi, serta setiap umat Kristiani mau untuk mengikuti setiap langkah Yesus dan bersedia untuk memikul salib. Hal ini berarti setiap umat Kristiani mampu mendahulukan Allah setiap harinya dan membuat setiap keputusan berdasarkan rencana Allah bukan rencana diri sendiri.

Sumber : keepbelieving.com | pastordepan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami