Peristiwa Yesus Menampakkan Diri 12 Kali Setelah Kebangkitan-Nya (1/2)
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 26 April 2023

Kalangan Sendiri

Peristiwa Yesus Menampakkan Diri 12 Kali Setelah Kebangkitan-Nya (1/2)

Claudia Jessica Official Writer
17119

Yesus mati di atas kayu salib yang ada di tempat umum. Kemudian Jenazahnya diserahkan oleh otoritas Romawi kepada Yusuf dari Arimithea dan Nikodemus yang menempatkannya di kubur. Kuburan Yesus diamati oleh para wanita dari Galilea.

Kitab Matius mencatat bahwa “Sebuah batu besar terguling ke pintu kubur” (Matius 27:60). Kemudian para imam kepala mengingat nubuat Yesus yang mengatakan bahwa ia akan bangkit setelah 3 hari seperti yang Ia perintahkan dalam Matius 27:64 untuk menjaga kuburan Yesus selama tiga hari agar murid-Nya tidak datang untuk mencuri tubuh-Nya dari kuburan.

Sebagai orang yang selalu berhati-hati, Pilatus mengirimkan beberapa orang penjaga untuk menjaga kuburan Yesus sehingga mereka menyegel batu yang menutupi kuburan Yesus dan memasang materai. Materai batu itu menandakan bahwa kuburan telah rusak jika batu tersebut dipindahkan.

Jadi bisa dipastikan bahwa semuanya aman sampai pada hari pertama minggu Yahudi, Maria Magdalena dan Maria yang lain pergi untuk melihat kubur itu, terjadilah gempa bumi yang dahsyat karena malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya. (Matius 28:1-2)

Malaikat itu memberitahu Maria Magdalena dan Maria yang lain bahwa Yesus telah bangkit dari kubur-Nya dan pergi ke Galilea. Tercatat sebanyak 12 kali Yesus menampakkan diri-Nya di bumi selama masa kebangkitan-Nya.

Mari kita lihat peristiwa-peristiwa saat Yesus menampakkan diri 12 kali setelah kebangkitan-Nya:

#1 Minggu pagi ke Maria Magdalena (Yohanes 20: 11-18)

Mariga Magdalena mendapati kubur Yesus telah kosong. Ia mulai menangis dan malaikat berbicara kepada mereka bahwa Yesus telah bangkit. Kemudian Maria menoleh ke belakang dan mendapati Yesus telah berdiri di sana, tetapi ia tidak tahu bahwa itu adalah Yesus dan ia masih menangis.

Akhirnya Yesus memanggil, “Maria!”

 

BACA JUGA: Yesus Bangkit! Ini 25 Ayat Alkitab dan Doa untuk Merayakan Kebangkitan-Nya!

 

Maria berpaling dan berkata kepada Yesus dalam bahasa Ibrani, “Rabuni!” yang berarti Guru. Akhirnya ia menyadari bahwa orang yang berdiri di hadapannya adalah Yesus yang telah bangkit dari kubur. Kemudian Yesus mengutus Maria untuk menyebarkan berita ini dengan memberitahu para murid.

#2 Para wanita yang kembali dari kubur (Matius 28: 9-10)

Maria Magdalena tampaknya sudah meninggalkan tempat itu tetapi Maria yang lain ada di sana dan siapa pun yang datang membantu mereka.

Yesus berbicara kepada mereka dengan jelas menandai bahwa mereka mengenalnya dan kali ini. Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

#3 Menampakkan diri kepada Petrus (Lukas 24:34)

Peristiwa ini tercatat dalam Lukas 24:34 dan 1 Korintus 15:5. Meski tidak disebutkan kapan dan dimana, Injil Lukas dan Surat Korintus mengatakan bahwa Simon Petrus yang sedang sendirian di Yerusalem, jelas terjadi.

 

BACA JUGA: Apa Sebenarnya yang Alkitab Katakan Tentang Paskah?

 

#4 Dalam perjalanan ke Emaus (Lukas 24:13-31)

Ada dua orang murid Yesus yang berjalan ke desa Emaus, yang berjarak 7 mil dari Yerusalem. Menurut perkiraan, mereka adalah Alfeus, ayah dari Yakobus. Sedangkan satunya lagi belum bisa dipastikan siapa dia, ada yang mengatakan ia adalah Lukas, ada juga yang mengatakan ia adalah Petrus.

Ketika mereka bercakap-cakap, Yesus datang mendekati mereka dan berjalan bersama-sama dengan mereka. Namun sekali lagi, mereka tidak mengenali Yesus dalam wujud barunya.

Mereka telah mencurahkan hati mereka dan semua hal yang telah mereka lihat serta ketahui di Yerusalem. Mulai dari kematianNya di kayu salib hingga kubur yang kosong. Lalu saat beristirahat, mereka makan bersama dan Yesus mengambil roti kemudian mengucap berkat dan memecah-mecahkannya untuk mereka. Tersadarlah mereka berdua dan mengenal Yesus yang ada di hadapan mereka.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : biblefellowshipunion.co.uk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami