Berlebihan Mengonsumsi Makanan Berlemak, Waspada Kolestrol Naik Usai Lebaran
Sumber: Shutterstock.com

Health / 25 April 2023

Kalangan Sendiri

Berlebihan Mengonsumsi Makanan Berlemak, Waspada Kolestrol Naik Usai Lebaran

Aprita L Ekanaru Official Writer
994

Momen Lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh saudara kita yang beragama muslim. Hari Lebaran menjadi ajang untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar maupun kerabat dekat.

Selain berkumpul bersama, Lebaran juga sangat lekat dengan makan bersama. Makanan yang disajikan pun sangat beragam, mulai dari opor ayam, rendang, semur, sambal goreng ati, hingga gulai sayur disediakan di meja makan. Meskipun sangat menggugah selera, sayangnya hidangan tersebut banyak mengandung lemak.

 

BACA JUGA: Konsumsi Daging Berlebih, Sebabkan Ragam Penyakit Ini

 

Bahayanya, mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolestrol di dalam tubuh kita. Nah, untuk menghindari kolestrol usai Lebaran Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Lakukan olahraga

Jika kurang bergerak, maka lemak dalam tubuh akan mengendap dan membuat kolestrol kita meningkat. Mulai lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, work out di rumah atau bersepeda. Semakin kita bergerak, maka jumlah kolestrol jahat dalam tubuh kita akan berkurang.

2. Menghindari dehidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga dapat membantu menjaga kadar kolestrol kita. Apalagi jika kita minum banyak air putih dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan berolahraga secara teratur.

3. Mengonsumsi makanan berserat

Mulailah untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran berserat. Kandungan antioksidan di dalam buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi dapat membantu kita untuk menurunkan kolestrol tinggi di dalam tubuh.

4. Mengatur asupan makan

Setelah kalap menyantap berbagai hidangan berlemak saat Lebaran, kini saatnya kita menjaga pola makan dan memilih asupan makanan untuk dapat dikonsumsi. Kendati demikian, Anda tetap harus mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

 

BACA JUGA: Makanan Haram di Perjanjian Lama Ternyata Untuk Jaga Kesehatan Kita? Benarkah?

 

Nah, coba lakukan cara-cara di atas secara rutin sehingga kita tidak perlu terlalu was-was kolestrol di dalam tubuh akan naik setelah usai menyantap hidangan saat Lebaran.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami