Kasus Bima Lampung Semakin Viral, Gimana Pemerintah Seharusnya Menyikapi Kritik Rakyat?
Sumber: TikTok awbimaxreborn

Kata Alkitab / 21 April 2023

Kalangan Sendiri

Kasus Bima Lampung Semakin Viral, Gimana Pemerintah Seharusnya Menyikapi Kritik Rakyat?

Claudia Jessica Official Writer
1662

Kasus seorang TikToker Awbimax Reborn semakin viral dan menjadi sorotan masyarakat. Pemilik akun yang memiliki nama asli Bima Yudho Saputro itu dilaporkan ke polisi akibat salah satu konten videonya di TikTok yang mengkritik Pemerintah Provinsi Lampung.

Video yang berdurasi 03.36 menit itu menampilkan sebuah presentasi yang dilakukan oleh Bima. Dalam presentasi tersebut, Bima menyampaikan kritiknya dengan judul video “Alasan Lampung Gak Maju-Maju.”

Melalui video tersebut, Bima menyampaikan sejumlah poin yang menjadi hal utama dari kritik yang disampaikan, mulai dari infrastruktur yang terbatas, sistem pendidikan yang lemah, tata kelola lemah, dan ketergantungan pada sektor pertanian.

 

Baca Juga: Tak Lagi Fokus Untuk Pemuridan, Pendeta Ini Kritik Gereja yang Hanya Jadi Panggung Hiburan

 

Rupanya kritik yang disampaikan Bima ini menyulut emosi salah satu pengacara yang bernama Gindha Ansori Wayka hingga melaporkan Bima ke Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika pada Senin (10/04/2023) lalu.

Usai laporan tersebut, ada begitu banyak intimasi yang datang ke keluarga Bima. Bima sendiri saat ini diketahui tengah menempuh pendidikan di Australia sehingga pihak pemerintah tidak bisa menghampirinya secara langsung.

Melalui berita-berita yang beredar, diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mengintimidasi keluarga Bima dengan mendatangi rumah orang tua Bima maupun melalui panggilan.

Pertanyaannya adalah, bagaimana pemerintah seharusnya menyikapi kritik yang disampaikan oleh rakyat?

Mari kita lihat beberapa contoh masa pemerintahan di zaman Perjanjian Lama tentang bagaimana pemerintahan yang baik seharusnya menjadi contoh untuk para pemimpin dan pemerintahan di masa kini:

#1 Pemerintahan Raja Daud

Raja Daud dianggap sebagai salah satu raja yang paling baik dalam sejarah Israel. Ia diakui sebagai raja yang bijaksana, adil, dan saleh. Dalam pemerintahannya, Daud membawa perdamaian dan kemakmuran bagi umatnya. Ia juga terkenal karena keberaniannya dalam melawan musuh-musuh Israel.

 

Baca Juga: Boleh Gak Sih Orang Kristen Mengkritik? Boleh Banget Asal…

 

#2 Pemerintahan Raja Salomo

Raja Salomo merupakan putra Daud yang menggantikannya sebagai raja. Ia dianggap sebagai raja yang paling bijaksana dan kaya dalam sejarah Israel. Salomo juga terkenal karena kebijaksanaannya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sulit

#3 Pemerintahan Raja Hizkia

Hizkia adalah raja Yehuda yang mengembalikan kejayaan kerajaan Israel setelah masa pemerintahan yang buruk sebelumnya. Ia menghapus semua bentuk penyembahan berhala dan membangun kembali kuil Yahweh. Ia diakui karena keteguhannya dalam beriman kepada Tuhan dan keberaniannya dalam melawan musuh-musuh Israel. Hizkia juga memiliki kepercayaan yang kuat kepada Tuhan dan mengandalkan-Nya dalam menghadapi berbagai masalah.

#4 Pemerintahan Raja Yosia

Raja Yosia adalah raja Yehuda yang dikenal karena keberaniannya dalam memulihkan agama dan moral umat. Ia juga berhasil membangun kembali Bait Suci yang telah diabaikan selama bertahun-tahun. Selama pemerintahannya, Yosia melakukan reformasi agama yang besar dan berusaha keras untuk membawa umatnya kembali kepada Tuhan.

Seperti yang dilakukan oleh Raja Daud, Raja Salomo, Raja Hizkia, dan Raja Yosia, para pemerintah pendahulu kita yang mengajarkan untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam memimpin dan memerintah. Selain itu, mereka juga mengajarkan kita untuk selalu berbuat adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan serta menghargai agama dan tradisi yang telah ada.

 

Baca Juga: Sebagai Influencer, Kalau Salah Harusnya Kita Gak Malu Minta Maaf Kata Ernest Prakasa

 

Pemerintah adalah pelayan masyarakat yang artinya, sudah seharusnya bagi pemerintah untuk membuka diri terhadap kritik dan masukan yang diberikan oleh rakyat.

Selain itu, sebagai warga negara, kita juga harus menjaga sikap dan perkataan saat ingin memberikan kritik kepada pemerintah. Jangan gunakan kalimat yang dapat menyulut emosi atau menimbulkan kesalahpahaman. Tuhan Yesus memberkati.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami