Tahukah Ada 4 Manfaat Penggunaan Masker Bagi Kesehatan Selain Mencegah Penularan Covid
Sumber: Jawaban.com

Health / 19 April 2023

Kalangan Sendiri

Tahukah Ada 4 Manfaat Penggunaan Masker Bagi Kesehatan Selain Mencegah Penularan Covid

Bella Tiurma Official Writer
1065

Menjelang momen mudik Lebaran, Kementrian Kesehatan RI mengkonfirmasi adanya varian baru dari kasus Covid-19, yaitu varian Arcturus. Varian ini diketahui lebih cepat menular dibandingkan varian Corona yang menyebar sebelumnya. 

Melihat kondisi saat ini, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh dan beraktivitas di keramaian. Lantas masih perlukah penggunaan masker? Tapi tahukah anda, tak hanya untuk mencegah penularan Covid-19, berikut 4 manfaat lain dari penggunaan masker. 

1. Menghindari Paparan Polusi Udara 

Baca Juga : Seberapa Efektifkah Penggunaan Masker Untuk Mencegah Virus?

Selain untuk mencegah penularan virus Covid-19, pemakaian masker dalam sehari-hari dapat digunakan untuk menghindari beberapa jenis polusi, seperti asap dari kendaraan bermotor, pabrik, rokok, dan debu. Dimana ketika setiap orang terlalu sering terpapar polusi ini akan mempengaruhi kinerja paru-paru manusia dan meningkatkan risiko penyakit pernapasan. 

Sehingga bagi masyarakat yang tinggal atau sering melewati daerah berpolusi tinggi, sangat disarankan untuk selalu menggunakan masker. Dengan pemakaian masker dapat menyaring udara kotor sebelum terhirup oleh hidung. 

2. Mencegah Alergi, dan Penularan Penyakit Lainnya 

Berdasarkan sejumlah penelitian, penggunaan masker dapat mencegah penularan atau tertularnya kita dari berbagai penyakit, bahkan mencegah alergi timbul kembali. Seperti halnya penularan virus Covid-19, yang dapat ditularkan melalui droplet atau percikan dari saluran pernapasan.  

Oleh karena itu, penggunaan masker sebagai salah satu pencegahan dini untuk terhindar dari segala bentuk kuman atau virus yang menyebar melalui lendir dan cairan yang keluar pada saat batuk maupun bersin.

Baca Juga : PPKM Resmi Dicabut, Apakah Sudah Boleh Lepas Masker? Ini Aturan Tertulis Inmendagri

3. Melindungi Wajah dari Efek Negatif Sinar Matahari 

Alasan lainnya penggunaan masker yang tak kalah penting adalah untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Dimana paparan sinar matahari yang berkepanjangan diduga dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko beberapa penyakit kulit, seperti eksim, jerawat, flek hitam, bahkan kanker kulit. 

Sebagai bentuk pelindungan dari paparan sinar matahari, selain penggunaan masker masyarakat dapat menggunakan kaca mata hitam, topi, dan tabir surya sebagai tambahan untuk melindungi tubuh dari bahaya negatif sinar matahari. 

4. Melindungi Orang yang Memiliki Kekebalan Tubuh Rendah 

Penggunaan masker terutama bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sangatlah penting. Terutama bagi orang-orang yang ingin menjalankan kemoterapi dan penderita HIV. Hal ini dikarenakan penyakit yang dianggap oleh masyarakat lain adalah penyakit yang biasa, namun tidak dengan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Sebab penyakit seperti batuk dan pilek dapat menjadi mematikan, ketika harus diperhadapkan dengan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah yang tidak dapat melawan infeksi virus atau kuman tersebut. 

Oleh karena itu, penggunaan masker di masa transisi dari pandemi dan endemi menjadi suatu hal yang tidak hanya sebagai bentuk pencegahan penularan virus Covid-19 saja. Tetapi banyak manfaat dari penggunaan masker tersebut bagi kesehatan lainnya.

Sumber : alodokter.com | halodoc.com | tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami