Kenali 10 Dampak Father Hunger Bagi Kesehatan dan Psikis Anak
Sumber: diadona.id

Health / 12 April 2023

Kalangan Sendiri

Kenali 10 Dampak Father Hunger Bagi Kesehatan dan Psikis Anak

Bella Tiurma Official Writer
1132

Father Hunger atau kondisi yang juga dikenal dengan istilah defisit ayah dapat mempengaruhi sepanjang hidup anak. Kondisi ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti anak lahir dari orangtua tunggal, perceraian, kultur yang tidak melibatkan ayah di dalam rumah tangga, meninggal dunia, menerima perlakuan kasar, dan memiliki kecanduan tertentu. 

Setiap anak yang mengalami father hunger akan merasakan efek atau dampak yang berbeda-beda tergantung penyebab yang dialami. Perbedaan ini dapat dilihat dari kondisi sang anak memiliki sosok ayah atau ditinggalkan karena meninggal dunia.

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Father Hunger

Berikut dampak father hunger bagi kesehatan fisik dan psikis pada anak yang dapat orangtua kenali sejak dini. 

1. Tidak Merasa Aman 

Bagi seorang anak, kehadiran sosok ayah di dalam hidup anak identik dengan memberikan keamanan dan perlindungan. Dampak ini tidak hanya dirasakan oleh anak yang sudah tidak memiliki seorang ayah, tetapi juga dirasakan bagi anak yang masih memiliki orangtua lengkap. Sehingga ketika kondisi anak tidak pernah merasakan kehadiran seorang ayah, tentu anak akan selalu merasa dirinya tidak aman dan tidak ada yang melindunginya ketika mengalami kondisi yang kurang baik. 

2. Hilangnya Kepercayaan Diri 

Seorang anak yang tidak pernah merasakan kehadiran dan perhatian sosok ayah dapat membuat anak merasa tidak percaya diri. Ada beberapa kasus yang dapat menyebabkan anak menjadi insecure yang berlebih atau merasa tidak aman baik secara fisik maupun emosional. Kondisi ini memiliki kemungkinan untuk memberikan dampak kepada anak bertumbuh dengan keraguan dan rasa benci terhadap dirinya sendiri. 

3. Perilaku Anak 

Tanpa hadirnya seorang ayah, tumbuh kembang anak akan cenderung sulit untuk bisa berinteraksi sosial dengan baik. Kondisi ini akan rentan dengan masalah perilaku anak kepada diri sendiri ataupun orang lain, seperti anak tidak bisa menyembunyikan rasa takut, benci, cemas, atau anak dapat merasa tidak bahagia. Sehingga hal itu akan membuat anak berperilaku tidak baik kepada orang lain atau dapat menjadikan anak suka untuk membully temannya. 

4. Rentan Memiliki Hubungan yang Bermasalah 

Kurangnya relasi baik antara anak dan ayah rawan memiliki hubungan yang bermasalah dengan pasangan ataupun orang lain. Hal ini dikarenakan tidak adanya sosok yang menjadi contoh sebagai pembelajaran bagi anak untuk melihat cara berelasi yang baik dan mengatasi masalah. Sehingga ketika menjalin relasi atau hubungan dengan pasangan ataupun orang lain akan rentan dengan konflik bahkan sampai perceraian. 

5. Hilangnya Kepercayaan atau Trust Issue 

Dampak father hunger akan memberikan dampak kepada anak menjadi hilang kepercayaan atau trust issue kepada laki-laki. Ketidakhadiran sosok ayah di dalam hidup anak akan membuat cara pandang anak menjadi berbeda terhadap laki-laki dan anak juga akan merasa kehilangan sosok ayah secara emosional. 

6. Psikosomatis 

Father hunger yang dirasakan anak dapat menyebabkan anak mengalami gejala psikosomatis, seperti sering merasa nyeri, sesak napas terjadi berulang kali, sakit kepala, dan sakit perut. 

7. Gangguan Kesehatan Mental 

Kurangnya perhatian dari orangtua khususnya sosok ayah dapat memiliki resiko anak mengalami gangguan kesehatan mental, terutama dalam masalah kecemasan, depresi, hingga memicu anak memiliki keinginan untuk mengakhiri hidupnya. 

8. Pengaruh Pada Prestasi Akademik 

Father hunger pada anak juga dapat mempengaruhi prestasi akademik di sekolah. Karena ketidakhadiran seorang ayah membuat anak tidak memiliki motivasi dan minat untuk belajar dan mengakibatkan buruknya prestasi akademik di sekolah.  

9. Kenakalan Pada Anak 

Bagi anak yang mengalami father hunger merasa bahwa dirinya ditelantarkan oleh ayahnya, mau itu karena sang ayah sibuk dengan pekerjaannya ataupun tidak hadirnya sang ayah dari anak lahir. Sehingga kondisi ini akan melakukan kenakalan yang membuat dirinya merasa lebih bebas tanpa aturan. Khususnya bagi anak yang sudah mulai memasuki masa remaja, dapat melakukan kenakalan sampai kejahatan ataupun pergaulan bebas. 

10. Menjadi Pecandu 

Anak yang tumbuh tanpa figur seorang ayah dan mengalami kondisi father hunger, dapat memiliki resiko anak menjadi seorang pecandu yang tidak sehat bagi tubuhnya. Anak dapat dengan sengaja atau dengan bebas tanpa aturan untuk menjadi seorang perokok, pemabuk, bahkan dapat menyalahgunakan obat terlarang. 

Dampak dari father hunger masih memiliki kemungkinan untuk diperbaiki atau dapat diminimalkan pengaruhnya dengan dukungan emosional pada anak dari orang sekitar. Oleh karena itu, kondisi ini menjadi perhatian khusus bagi para orangtua untuk dapat mengantisipasi anak mengalami father hunger.

Sumber : helath.detik.com | health.kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami