3 Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Father Hunger
Sumber: https://babyology.com.au/wp-content/uplo

Parenting / 11 April 2023

Kalangan Sendiri

3 Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Father Hunger

Bella Tiurma Official Writer
1821

Father Hunger adalah istilah psikologis terhadap seorang anak yang tumbuh tanpa kehadiran sosok ayah. Kondisi ini mengacu pada kondisi anak yang kurang atau bahkan tidak mendapatkan sama sekali perhatian, kasih sayang, dan dukungan seorang ayah. Istilah father hunger juga sering disebut dengan father deficit dan father absence

Kondisi father hunger dapat dirasakan oleh seluruh anak, tidak hanya anak yang sudah ditinggalkan ayahnya tetapi anak yang masih memiliki orangtua lengkap pun bisa merasakannya. Kondisi ini dipicu bukan hanya tidak adanya kehadiran sang ayah secara fisik dalam kehidupan anak. Tetapi jarangnya interaksi antara ayah dan anak, yang membuat sang anak merasa kurang mendapatkan kasih sayang. 

Sebagai bentuk pencegahan atau cara mengatasi supaya anak tidak mengalami father hunger, simak 3 cara berikut ini. 

Baca Juga : Mengambil Teladan dari 5 Tokoh Ayah dalam Alkitab

1. Menjalin hubungan dengan figur ayah atau quality time bersama ayah 

Setiap ayah dapat menyediakan waktu dan menggunakannya dengan berkegiatan bersama anak untuk menjalin kedekatan ayah bersama anak. Hal ini di luar dari kegiatan rutin mengantar anak ke sekolah atau membacakan cerita sebelum tidur. 

Seorang ayah dapat menyediakan waktu setidaknya sebulan sekali dengan minimal waktu satu sampai dua jam untuk satu anak pada satu waktu. Seorang ayah dapat memilih kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak atau memberikan kesempatan anak yang memilih. 

Jika kondisi anak yang sudah tidak memiliki sosok ayah, hal ini dapat dilakukan bersama dengan kakek atau pamannya. Sehingga anak dapat merasakan kehadiran sosok ayah dan merasa dihargai serta dicintai. 

2. Mengenal lebih dalam karakter anak 

Setiap anak memiliki keinginan untuk mendapatkan perhatian dan kehadiran ayah sebagai prioritas utamanya. Dengan kehadiran ayah, anak dapat mengetahui siapa mereka sebagai individu yang unik dan memiliki karakter. 

Hal ini juga dapat membantu setiap orangtua khususnya sosok ayah untuk mengetahui segala arti ekspresi wajah anak dan keterbukaan anak untuk kegiatan yang dilakukan. Setiap anak juga akan merasakan bahwa dirinya layak atas waktu, minat, dan perhatian dari orangtuanya. 

3. Melakukan terapi 

Setiap orangtua dapat mengajak anaknya untuk melakukan konsultasi atau terapi ke dokter. Hal ini guna membantu anak untuk memahami dan mengatasi perasaan yang dirasakan anak terkait dengan father hunger

Kehadiran terapis juga dapat membantu orangtua untuk memperkuat keterampilan sosial dan emosional anak, serta memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk menangani kesulitan yang muncul. 

Oleh karena itu, peran serta kehadiran orangtua khususnya sosok ayah dalam kehidupan anak sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya. Sehingga setiap orangtua, baik ibu ataupun ayah dapat mencegah anak mengalami father hunger yang memiliki kemungkinan dapat berdampak pada kesehatannya.

Sumber : liputan6.com | celebrities.id | apahabar.com
Halaman :
1

Ikuti Kami