4 Tokoh Alkitab Wanita Pemberani yang Mengikut Tuhan Yesus
Sumber: Rubrik Kristen

Kata Alkitab / 11 April 2023

Kalangan Sendiri

4 Tokoh Alkitab Wanita Pemberani yang Mengikut Tuhan Yesus

Bella Tiurma Official Writer
2485

Di dalam Alkitab, sosok wanita telah memiliki banyak cerita yang berpengaruh dan transformatif. Seperti cerita wanita luar biasa yang mengikut Tuhan dengan keberanian dan keyakinan. Terlepas dari keterbatasan budaya dan sosial yang dihadapi oleh setiap wanita, beberapa tokoh di dalam Alkitab dengan yakin mempercayai Tuhan dan mengikuti kemana Tuhan menuntun mereka. Berikut 4 tokoh Alkitab yang dapat dijadikan teladan untuk menjadi wanita pemberani yang mengikut Tuhan Yesus. 

1. Maria, Ibu Yesus 

Dalam Lukas 1 : 26 - 38 Maria, ibu Yesus adalah seorang wanita luar biasa yang mau mengikut Tuhan dengan kekuatan dan keberaniannya. Tanpa ragu Maria menjawab “ya” dan memercayai rencana Tuhan untuk hidupnya, hingga dia diperkenankan untuk mengandung dan melahirkan Yesus, sang Mesias. 

Maria memutuskan untuk mempercayai Tuhan tanpa pengertian. Terbukti dari kegigihan, kekuatan, dan komitmennya yang tak tergoyahkan yang menjadi salah satu keputusan terbesar dalam hidupnya untuk imannya. Sekalipun ketika Maria takut dalam menghadapi ketidakpastian, tetapi dia percaya rencana Tuhan untuk hidupnya dan mengikut dengan iman, harapan, dan kepercayaan.  

2. Ester 

Dalam melewati kesengsaraan, Ratu Ester berani berbicara kepada raja dari Persia untuk meminta mengampuni nyawa orang Yahudi. Kala itu Ester mengetahui segala konsekuensi ketika berbicara, tetapi dirinya tetap berbicara karena mau membela bangsanya. Sebagai bentuk keberanian Ester mengikut Tuhan, dia rela melepaskan posisi atau statusnya untuk dipimpin oleh Tuhan dan mengikuti panggilannya.  

3. Naomi 

Meskipun Naomi masih diliputi kesedihan karena ditinggalkan oleh suami dan kedua putranya, dia memilih untuk mengikut Tuhan ke Betlehem dan tidak membiarkan kesedihan menguasai dirinya. Naomi berani untuk mengambil keputusan untuk mengikut Tuhan saat dia hancur dan beduka.  

4. Debora 

Debora adalah salah satu wanita perkasa di dalam Alkitab yang merupakan seorang nabi dan hakim. Debora juga merupakan satu-satunya hakim wanita Israel dan membantu memimpin orang Israel menjadi pemenang dalam pertempuran melawan tentara Sisera. 

Di dalam Hakim-hakim 4 menjelaskan bahwa Debora seorang pemimpin dan pemberi pengaruh yang luar biasa. Saat Debora memimpin, dia memperjelas bahwa pentingnya memuliakan Tuhan dalam setiap tindakan. Karena Tuhan menggunakan dan meninggikan Debora untuk mencapai tujuan yang Tuhan inginkan, dan memastikan bahwa Tuhan akan terus dimuliakan. 

Tuhan akan memperlengkapi setiap umat Kristiani dengan semua yang kita perlukan untuk dapat berani menjalani panggilan yang telah Tuhan tempatkan. Setiap umat Kristiani dapat belajar dari keempat tokoh Alkitab tentang nilai keberanian dan pentingnya membela apa yang benar.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami