5 Hal yang Bisa Suami Lakukan Kepada Istri Untuk Menjaga Keharmonisan dalam Pernikahan
Sumber: menara indonesia

Marriage / 10 April 2023

Kalangan Sendiri

5 Hal yang Bisa Suami Lakukan Kepada Istri Untuk Menjaga Keharmonisan dalam Pernikahan

Bella Tiurma Official Writer
1564

Menjaga cinta istri dalam sebuah pernikahan merupakan sebuah kerja keras yang diperlukan kerjasama sepasang suami dan istri. Hal ini untuk menindaklanjuti janji suci yang telah diucapkan antara suami dan istri pada saat pemberkatan di gereja. 

Seorang suami yang dewasa dalam rohani pasti tidak akan memiliki pola pikir yang bukan hanya sekedar mengucapkan janji suci dan mendapatkan kehidupan pernikahan yang baik-baik saja. Tetapi bagaimana seorang suami dapat menjaga pernikahannya tetap kuat dalam keadaan baik dan membangun kembali dalam keadaan buruk. 

Oleh karena itu, untuk menjaga keharmonisan pernikahan, seorang suami dapat mengasihi istrinya sama seperti Yesus mengasihi anak-anakNya. Seperti yang tertulis di dalam Efesus 5 : 25 “Suami-suami, kasihilah istrimu, seperti Kristus mengasihi jemaat dan menyerahkan diri-Nya baginya.” 

Berikut 5 hal yang dapat dilakukan suami kepada istrinya untuk menjaga keharmonisan pernikahan 

Baca Juga : Suami Hati-hati Sama Sikap Ini Kalau Gak Mau Kayak Film Noktah Merah Perkawinan

1. Berikan sentuhan kepada sang istri 

Memegang tangan ataupun mengusap punggung adalah suatu hal yang akan dilakukan tanpa adanya permintaan di awal pernikahan sepasang suami dan istri. Namun seiring berjalannya waktu, tanpa disadari sentuhan-sentuhan ringan yang diberikan suami kepada istri mulai sirna. Dimana para suami akan disibukkan dengan pekerjaan, anak-anak, dan tekanan finansial daripada harus memikirkan dan berfokus pada satu sama lain. 

Pada kenyataannya sesibuk apapun para suami tidak akan merubah rasa cintanya kepada sang istri. Tetapi ketika sang suami memposisikan sudut pandang dari sang istri, makna sebuah sentuhan ataupun pelukan tak terduga bagi istri adalah suatu hal yang sangat bermakna karena merasa sangat dicintai oleh suaminya.  

Oleh sebab itu, setiap kasih sayang yang diterima oleh istri hanya berasal dari sang suami. Dimana sang istri adalah milik sang suami untuk dirawat dan dicintai. Hal ini merupakan hak istimewa  bukan sebuah tugas bagi setiap suami. 

Baca Juga : 4 Sosok Suami di Alkitab yang Begitu Mengasihi Istrinya

2. Menunjukkan rasa hormat 

Rasa hormat yang diberikan suami kepada istrinya setelah menikah, dapat diberikan sama seperti pada saat pertama kali bertemu. Dimana setiap suami tetap mendengarkan istrinya dan menerima masukan darinya. 

Setiap suami dapat mempertimbangkan kembali setiap kebutuhan yang diperlukan sang istri, walaupun para suami tidak memahaminya. Karena sang istri adalah seseorang yang terlibat juga di dalam kehidupan pernikahan. Sehingga setiap istri merasa berdiri disisi suami dan berjalan bersama, bukan berjalan di belakang suami. 

3. Memikul beban bersama 

Kehidupan pernikahan memiliki banyak alasan, tetapi salah satu dari sekian banyak alasan adalah tak ada seorangpun yang mau menjalani hidup sendirian. Ada sesuatu yang sering menjadi perbincangan ketika sudah memasuki kehidupan pernikahan adalah adanya teman hidup yang menjadi tua dan beruban bersama. Hal ini dimaksudkan bahwa setiap orang memiliki pasangan yang bisa memikul beban bersama. 

Ketika sang istri memiliki sebuah beban, sang suami dapat masuk dan menanggung sebagian beban itu. Berikan sang istri waktu untuk beristirahat secara emosional, fisik, maupun spiritual. Keberadaan sang suami yang selalu ada menemani akan membuat istri menjadi nyaman dan kuat. 

4. Berikan dan ucapkan bahasa cinta sang istri 

Setiap wanita bahkan pria pun akan menunjukkan dan menerima cinta secara berbeda, tetapi hal ini bukan tentang gender melainkan tentang kepribadian. Setiap pasangan suami dan istri memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk berbicara bahasa cinta yang sama. Sikap atau perilaku istri yang diterima suami sudah membuat merasa dirinya dihargai dan diinginkan, belum tentu dirasakan hal yang sama oleh sang istri. 

Oleh karena itu, setiap suami dapat memperhatikan hal apa yang bisa membuat istri merasa dihargai dan diinginkan. Setiap suami dapat memberikan dan ucapkan bahasa cinta yang sesuai dengan istrinya. Hal ini dapat didukung dengan bentuk komunikasi yang baik antar suami dan istri. 

5. Biarkan sang istri menjadi dirinya sendiri 

Setiap suami yang jatuh cinta kepada istrinya tentu apa adanya, tidak mempermasalkan kekurangan yang ada didalam diri sang istri dan hanya melihat kelebihannya saja. Walaupun begitu setiap orang pasti akan belajar untuk berubah menjadi pribadi yang semakin baik. 

Kehidupan yang dijalani akan membawa pengalaman dan keadaan yang dapat dijadikan sebuah pelajaran dan lebih bertanggung jawab. Sehingga setiap suami dapat beradaptasi dengan perbuahan sang istri, mau itu baik ataupun buruk. Dimana setiap suami tetap mencintai sang istri yang menjadi dirinya kemarin dan bersemangat untuk menghadapi perubahan sang istri di hari esok. 

Dalam menjaga keharmonisan, suami dan istri sangat penting untuk selalu melibatkan Tuhan di dalam perjalanan kehidupan pernikahan. Karena Tuhan pasti memiliki rencana besar untuk setiap rumah tangga. Sehingga setiap suami dapat menjaga keharmonisan tersebut dengan melakukan beberapa hal diatas sebagai referensi yang dapat dilakukan.  

 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami