4 Peristiwa Penting dalam Sejarah Manusia Menurut Alkitab
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 10 April 2023

Kalangan Sendiri

4 Peristiwa Penting dalam Sejarah Manusia Menurut Alkitab

Wisnu Prianggani Contributor
2607

Di dalam hidup ini pasti ada banyak sekali peristiwa yang terjadi entah itu pengalaman yang baik atau pengalaman yang buruk. Kita sebagai manusia juga pasti menjadikan pengalaman-pengalaman tersebut menjadi sebuah pelajaran atau bahkan bisa dijadikan sebagai pedoman hidup kita kedepannya. Anda juga pasti tahu bahwa ada banyak peristiwa yang terjadi di dalam Alkitab, sebuah kitab suci yang dianggap sebagai pedoman hidup oleh umat Kristen di seluruh dunia. Jika kita baca kitab ini dan memperhatikannya, ada banyak kisah dan peristiwa yang menggambarkan sejarah manusia sejak awal penciptaan hingga akhir zaman.

Tapi dari semua kisah tersebut ada empat peristiwa penting yang terjadi di muka bumi ini, apa saja peristiwa penting yang tercatat di dalam Alkitab tersebut?

1. Penciptaan Manusia Pertama

Peristiwa pertama yang dianggap penting menurut Alkitab adalah penciptaan manusia pertama. Allah menciptakan Adam dan Hawa sebagai manusia pertama yang diciptakan di bumi. Dalam Kitab Kejadian 1:27, disebutkan, “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.”

 

Baca Juga: 4 Bukti Allah Akan Selalu Menemani Kita, Meskipun “People Come and Go”

 

2. Hari Kejatuhan

Peristiwa kedua yang dianggap penting menurut Alkitab adalah hari kejatuhan manusia. Pada hari itu, Adam dan Hawa melanggar perintah Allah dengan memakan buah terlarang dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Akibatnya, manusia jatuh ke dalam dosa dan hidupnya menjadi sulit. Dalam Kitab Kejadian 3:6-7, disebutkan, “Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.”

 

3. Air Bah pada Zaman Nuh

Peristiwa ketiga yang dianggap penting menurut Alkitab adalah air bah atau Tsunami yang diturunkan pada zaman Nuh. Pada saat itu, manusia telah jauh melampaui batas yang ditentukan oleh Allah. Karena itu, Allah memutuskan untuk mengirimkan air bah sebagai hukuman atas kejahatan manusia. Dalam Kitab Kejadian 6:17, disebutkan, “Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa.”

 

4. Penyaliban Yesus Kristus

Peristiwa terakhir yang dianggap penting menurut Alkitab adalah hari penyaliban Yesus Kristus. Yesus Kristus adalah Anak Allah yang dikirim ke dunia untuk menebus dosa manusia dengan mati di kayu salib. Dalam kitab Matius 27:32-33, disebutkan, “Ketika mereka berjalan ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. Maka sampailah mereka di suatu tempat yang bernama Golgota, artinya: Tempat Tengkorak.” Peristiwa penyaliban Yesus Kristus merupakan momen penting dalam sejarah kehidupan manusia, karena melalui kematian-Nya, manusia dapat menebus dosa-dosa mereka dan mendapatkan keselamatan yang kekal.

 

Baca Juga: Ini 4 Cara Sederhana Menjadi Pribadi yang Lebih Sabar

 

Keempat peristiwa yang dianggap penting menurut Alkitab ini menjadi sebuah titik awal dari sejarah manusia di dalam dunia ini. Jika kita kembali mengingatnya, penciptaan manusia pertama menandai awal mula kehidupan manusia di bumi, hari kejatuhan menggambarkan bagaimana dosa telah masuk ke dalam kehidupan manusia, kemudian air bah menunjukkan hukuman Allah atas kejahatan manusia, dan terakhir peristiwa penyaliban Yesus Kristus yang kita semua orang Kristen tahu bahwa kisah ini membawa pengharapan bagi manusia untuk mendapatkan keselamatan dan hidup yang kekal.

Dalam kehidupan sehari-hari, peristiwa-peristiwa ini seharusnya dapat mengingatkan kita untuk selalu dapat berpegang pada ajaran-ajaran Alkitab dan menjalani hidup sesuai dengan kehendak Allah. Mau kah saudara untuk selalu tetap belajar bersyukur atas karunia dan kasih sayang Allah yang telah diberikan kepada kita? Mari kita selalu berusaha untuk menjalani hidup dengan penuh rasa syukur dan tanggung jawab sebagai manusia yang bertanggung jawab di muka bumi ini. Tuhan Yesus memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami