4 Ibu Terbaik dalam Alkitab Ini Menjadi Teladan bagi Ibu dan Istri Masa Kini
Sumber: canva.com

Relationship / 4 April 2023

Kalangan Sendiri

4 Ibu Terbaik dalam Alkitab Ini Menjadi Teladan bagi Ibu dan Istri Masa Kini

Wisnu Prianggani Contributor
1696

Apakah Anda setuju bahwa Ibu adalah segalanya dan bahkan menjadi sosok yang sangat penting di dalam kehidupan kita? Mereka adalah orang yang selalu siap sedia memberikan dukungan dan kasih sayang tanpa batas bagi kita. Tapi bagi mereka, justru keluargalah segalanya dan mereka akan melakukan segala sesuatu untuk melindungi dan menyayangi keluarga mereka. Dalam Alkitab, ada beberapa sosok ibu yang bisa kita anggap sebagai teladan bagi wanita Kristen masa kini.

Berikut adalah empat ibu terbaik dalam Alkitab yang dapat dijadikan contoh bagi ibu atau istri masa kini.

1. Maria (Ibu Yesus)

Maria sangat dihormati karena kisah yang kita ketahui yaitu kesetiaannya kepada Allah dan keberaniannya menerima tanggung jawab besar sebagai ibu dari Yesus. Dalam Lukas 1:38, “Kata Maria: ”Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.” Maria menunjukkan kepatuhannya kepada Allah dengan rela menerima tugas besar menjadi ibu Yesus, seorang Mesias. Maria juga dihormati karena kepatuhannya kepada Allah dan kesediaannya untuk mengorbankan dirinya demi kehendak-Nya. Hal ini dapat menjadi teladan bagi ibu atau istri masa kini untuk mengasihi keluarga dan rela mengorbankan diri demi kebaikan keluarga.

 

2. Sara (Istri Abraham)

Sara juga dihormati karena kesetiaannya kepada Allah. Dalam Ibrani 11:11, “Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia.” Dikatakan bahwa Sara memiliki iman yang kuat kepada Allah, dan meskipun usianya sudah tua, ia masih percaya bahwa Allah dapat melakukan hal yang mustahil. Hal ini dapat menjadi teladan bagi ibu atau istri masa kini untuk selalu memiliki iman yang kuat kepada Allah, dan percaya bahwa segala sesuatu mungkin terjadi jika kita percaya kepada-Nya.

 

3. Rebekah (Istri Ishak)

Rebekah, istri Ishak, memiliki rasa kepedulian dan kasih sayang yang besar kepada keluarganya. Dalam Kejadian 27:5-10, Rebekah membantu putranya Yakub untuk mendapatkan berkat yang seharusnya diterima oleh saudaranya Esau. Bukankah itu sebenarnya adalah tindakan yang kurang tepat? Betul sekali. Tapi dengan mengesampingkan tindakan Rebekah tersebut, kita bisa melihat satu niat dan rasa peduli yang kuat untuk anaknya. Hal ini dapat menjadi teladan bagi ibu atau istri masa kini untuk selalu peduli dan memberikan kasih sayang tanpa batas kepada keluarga, tapi dengan belajar dari pengalaman keliru Rebekah sehingga kita tidak melakukan hal yang keliru juga demi keluarga..

 

4. Hana (Ibu Samuel)

Hana dihormati karena doanya yang tulus kepada Allah. Dalam 1 Samuel 1:10-11, Hana berdoa dengan penuh keyakinan dan kesungguhan, memohon kepada Allah untuk memberikan anak kepadanya. Doa Hana akhirnya dijawab, dan ia melahirkan anak laki-laki yang diberi nama Samuel. Hal ini dapat menjadi teladan bagi ibu atau istri masa kini untuk selalu berdoa dengan tulus dan penuh keyakinan kepada Allah, memohon kepada-Nya dalam segala hal, baik dalam kebahagiaan maupun kesulitan.

Jadi, empat ibu terbaik dalam Alkitab yang sudah kita bahas yaitu Maria, Sara, Rebekah, dan Hana, dapat dijadikan contoh bagi ibu atau istri masa kini untuk menjadi teladan yang baik bagi keluarga mereka. Mereka adalah sosok yang patuh dan setia kepada Allah, memiliki iman yang kuat, memberikan kasih sayang tanpa batas, dan selalu berdoa dengan tulus dan penuh keyakinan kepada Allah. Sebagai ibu atau istri, kita dapat mengambil contoh dari mereka dan berusaha untuk selalu menjadi teladan yang baik bagi keluarga kita. Dengan melakukan hal ini, kita dapat membawa berkat dan kebahagiaan bagi keluarga kita, serta menjadi saksi dari kasih karunia dan kebaikan Allah dalam kehidupan kita.

Halaman :
1

Ikuti Kami