Membesarkan Anak Memang Sulit, Coba Lakukan 7 Hal Ini
Sumber: www.jaiinstituteforparenting.com

Parenting / 29 March 2023

Kalangan Sendiri

Membesarkan Anak Memang Sulit, Coba Lakukan 7 Hal Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
856

Memiliki anak dan menjadi orang tua adalah anugrah dari Tuhan, tidak semua orang dapat merasakannya. Akan tetapi, tidak sedikit orang tua yang belum siap untuk membesarkan anak-anak mereka. Oleh sebab itu, ada yang pernah mengatakan bahwa menjadi orang tua adalah belajar seumur hidup.

Meskipun sulit menjadi orang tua, tetapi Anda dapat mepelajarinya. Berikut adalah 7 hal yang dapat Anda lakukan saat membesarkan anak-anak Anda:

1. Anak memperhatikan orang tua dam menjadikanya sebagai panutan

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membesarkan anak. Menunjukkan melalui tindakan atau perbuatan lebih baik daripada menceritakan dalam pola asuh yang baik. "Jadilah panutan yang baik" tampaknya cukup jelas. Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ingat kapan terakhir kali anak Anda menguji kesabaran Anda, dan Anda membentaknya?

Jika kita tidak ingin anak kita kehilangan kesabaran saat mereka merasa terdesak, kita harus mencontohkan cara mengatur emosi kita dan menangani hal-hal yang membuat kita marah dengan tenang. Itu tidak mudah. Kita cenderung sulit untuk tetap tenang saat marah. Tetapi kita harus mengingat, bahwa anak-anak memperhatikan kita. Kita harus menjadi orang yang kita inginkan untuk anak-anak kita.

 

BACA JUGA: 8 Tokoh Alkitab Ini Ajarkan Soal Pengasuhan Anak yang Mengandalkan Tuhan

 

2. Menunjukkan rasa cinta

Kita harus memberikan cinta kepada anak-anak dan menunjukkan hal tersebut kepada mereka. Hanya memberikan barang-barang atau hal-hal lain sebagai pengganti cinta, tidak akan memanjakan mereka. Saat kita menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak, kita membantu menciptakan ikatan yang aman dan memungkinkan mereka untuk membangun pola hubungan cinta yang baik di masa depan.

Ini akan berdampak luar biasa pada bagaimana mereka berhubungan dengan orang lain, terutama di masa dewasa.

Ada banyak cara sehat untuk menunjukkan cinta Anda. Berikut adalah beberapa contoh yang tidak akan memanjakan anak Anda:

  • Beri mereka pelukan dan ciuman.
  • Habiskan waktu melakukan hal-hal yang dapat Anda nikmati bersama.
  • Bicaralah dengan mereka, dan dengarkan mereka dengan sungguh-sungguh.
  • Bersorak untuk kesuksesan mereka.
  • Berempati dengan perjuangan mereka dan tidak mengabaikan perasaan mereka.

3. Membimbing dengan penuh kesabaran

Praktikkan gaya pengasuhan yang otoritatif dan gunakan disiplin positif yang baik dan tegas. Kebanyakan anak ingin belajar. Mereka tidak dilahirkan untuk membuat kita marah. Tetapi belajar membutuhkan waktu. Ingat seberapa sering balita Anda jatuh sebelum belajar berjalan tanpa goyah?

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Parentingforbrain.com | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami