Fakta Alkitab: 3 Tingkat Bagian Neraka yang Dicatat dalam Alkitab
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 28 March 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: 3 Tingkat Bagian Neraka yang Dicatat dalam Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
9674

Sebelum menuju ke neraka atau surga, orang-orang yang mati berada di tempat penampungan atau masa antara (intermediate state). Semua orang mati di masa Perjanjian Lama, baik orang yang percaya maupun orang yang tidak percaya akan pergi ke tempat yang disebut Sheol atau Hades. Seperti yang tertulis dalam kitab Kejadian 37:35, Ayub 14:13, Ayub 17:13, Mazmur 88:4, Yesaya 38:10 menunjuk pada orang-orang percaya yang hidup di masa Perjanjian Lama turun ke Sheol atau Hades saat meninggal dunia.

Sementara itu, orang fasik atau orang yang tidak percaya juga ikut ke Sheol atau Hades, dapat kita lihat dari Ayub 17:13, Mazmur 31:8. Mazmur 49:15.

Bukan Surga dan Neraka

Sheol atau Hades di sini bukanlah surga atau neraka, melainkan tempat penampungan sementara bagi orang-orang yang telah meninggal. Lokasi Sheol atau Hades berasa di pusat atau inti bumi (Bilangan 16:33, Efesus 4:9).

Lalu bagaimana dengan Lazarus yang berada di pangkuan Abraham dan orang kaya yang disiksa dalam kitab Lukas 16:22-31?

Ada yang beranggapan bahwa “Pangkuan Abraham” adalah surga, dan orang kaya yang disiksa berada di neraka. Kedua hal ini keliru.

Lazarus dan Abraham bukan berada di Surga, melainkan di Sheol atau Hades, lokasi yang sama dengan orang kaya yang disiksa. Namun, lokasi mereka dipisahkan oleh “jurang dalam yang mustahil disebrangi”.

Yang satu disebut sebagai Pangkuan Abraham, dan yang lainnya disebut sebagai “Tempat Siksaan” atau “Alam maut”.

Pangkuan Abraham juga disebut sebagai Firdaus. Ketika Yesus mati, Ia pergi ke Firdaus bersama dengan penculi yang disalibkan di sebelah kanan-Nya yang percaya kepada-Nya. Setelah kebangkitan-Nya, Yesus membawa mereka dan firdaus ke surga.

Bagian neraka yang kedua dan ketiga akan kita bahas di artikel selanjutnya ya.

 

Saksikan video Fakta Alkitab: 3 Tingkat Bagian Neraka yang Dicatat dalam Alkitab berikut ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami