4 Tanda Kesiapan Merawat Orang Tua yang Lanjut Usia Secara Finansial
Sumber: femina.co.id

Finance / 24 March 2023

Kalangan Sendiri

4 Tanda Kesiapan Merawat Orang Tua yang Lanjut Usia Secara Finansial

Bella Tiurma Official Writer
1292

Lanjut usia adalah proses alami dan bagian kehidupan yang tidak bisa dihindari. Bagi setiap orang yang masih memiliki usia muda atau dewasa, biasanya memiliki hak istimewa untuk merawat orang tua di usia rentanya. Untuk mengerjakan tanggung jawab ini, pastinya anak perlu melakukan persiapan finansial. 

Firman Tuhan menganggap setiap orang yang memasuki usia tua atau usia lanjut adalah sebagai tanda hikmat, sesuai dengan kitab Ayub 12 : 12 yang berbunyi “Konon hikmat ada pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya.”. Dari ayat tersebut Tuhan menasihati kita untuk memperhatikan anggota keluarga yang sudah lanjut usia dan tak lagi mampu mengurus dirinya sendiri. Tuhan juga mengajarkan kepada setiap anak untuk tidak memandang tanggung jawab ini sebagai beban. 

Baca Juga : Menjaga Orangtua Itu Berkat Bukan Beban

Jadi jika Anda diberikan kepercayaan untuk orang tua di masa tuanya, Anda perlu mempersiapkan diri secara finansial dengan cara ini. 

1. Memposisikan Keuangan 

Mulailah menjalani kehidupan dengan memiliki gaya hidup yang sesuai dengan penghasilan, dimana tidak ada lagi pengeluaran yang melebihi pemasukan penghasilkan kita. Terbebas dari hutang akan membuat posisi keuangan yang dimiliki dapat menjadi fleksibel. Sehingga dana yang seharusnya dibayarkan untuk tagihan hutang tiap bulannya dapat dialokasikan menjadi dana darurat jangka pendek maupun jangka panjang. 

2. Atur Dokumen 

Ketika setiap anak merawat orang tua atau anggota keluarga yang lain, sebaiknya persiapkan dokumen pendukung untuk menghindari hambatan hukum di masa depan. Hal ini diperlukan ketika memerlukan untuk pengambilan keputusan yang menyangkut dengan nama anggota keluarga yang akan dirawat, seperti surat kuasa atas hak finansial, perawatan medis, dan perawatan di akhir hidupnya.

Baca Juga : 6 Cara Percaya Kepada Tuhan Melewati Kondisi Keuangan yang Sulit

3. Perawatan Medis Jangka Panjang 

Anggota keluarga yang lanjut usia, pasti sangat membutuhkan keperluan perawatan medis yang baik. Sehingga sebagai anak yang akan merawatnya perlu untuk memperhitungkan bantuan medis yang diperlukan di rumah ataupun perawatan yang diperlukan di rumah sakit. Hal ini menjadi sangat penting, karena perawatan medis akan menghabiskan cukup banyak pengeluaran. Sehingga perlunya perhitungan yang matang untuk jangka panjangnya. 

4. Asuransi Perawatan Jangka Panjang 

Pemilihan asuransi juga perlu diperhatikan secara tepat, karena manfaat setiap asuransi tentu berbeda-beda. Cermati dengan baik mengenai keuntungan akan didapatkan dalam jangka waktu yang panjang.

Jika Tuhan masih mengizinkan orang tua kita panjang umur, maka bersyukurlah. Namun Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk memberi mereka perawatan terbaik di masa-masa akhir hidup mereka. Karena dengan itulah kita sebagai anak bisa membalas perjuangan orang tua untuk membesarkan dan merawat kita. 

Sumber : crosswalk.com

Halaman :
1

Ikuti Kami