Ini Alasan Kenapa Ayah Perlu Terlibat Dalam Pengasuhan Anak
Sumber: canva.com

Relationship / 24 March 2023

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Kenapa Ayah Perlu Terlibat Dalam Pengasuhan Anak

Wisnu Prianggani Contributor
1921

Selain ibu, peran seorang ayah juga sangat penting dalam pola pengasuh anak. Jika sebelumnya kita menilai peran ayah hanya seputar sebagai penghasil materi atau uang, maka belakangan ini pandangan masyarakat sudah mulai bergeser. Ayah juga telah dilibatkan dalam proses tumbuh kembang anak.

Peran ayah di dalam pengasuhan sangat berdampak pada hubungan antara ayah dan anak. Sebagai contoh, ayah yang sering menghabiskan waktu bersama anaknya dapat membangun hubungan yang erat dan positif dan dekat. Kedekatan anak dengan ayah sangat membantu anak untuk mendapatkan rasa aman. Ayah bisa menjadi sosok sahabat sekaligus figur yang bisa membantu anak bertumbuh menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Penelitian yang dilakukan oleh Wallace dan Newman (2015) menemukan bahwa ayah yang terlibat dalam pengasuhan anak sangat membantu meningkatkan kualitas kehidupan keluarga secara keseluruhan. Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Cabrera dan Shannon (2018) menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki ayah yang aktif dalam pola asuhnya cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dan juga lebih sukses dalam akademik dan sosial.

 

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Anak Harus Dekat dengan Ayahnya Dari Sekarang!

 

Menurut pandangan agama, terutama bagi umat Kristen, Alkitab juga memberikan pandangan yang sangat jelas mengenai peran ayah dalam keluarga. Alkitab memberikan contoh ayah yang baik seperti Abraham, Yusuf, dan Daud yang sangat berperan penting dalam membentuk pola asuh keluarga yang baik. Di Efesus 6:4, ”Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” Alkitab mengingatkan ayah untuk tidak membangkitkan amarah anak-anaknya, melainkan membesarkan mereka dengan ajaran Tuhan. Ayah diharapkan untuk menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya dan memberikan pengajaran yang benar sesuai dengan ajaran Tuhan.

Selain itu, ayah juga memiliki peran sebagai kepala keluarga seperti yang tercantum dalam 1 Korintus 11:3, “Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.” Ayah dituntut untuk mengingat bahwa kepala di keluarga harus dipimpin oleh Allah. Ayah harus memimpin keluarganya dengan bijaksana dan memberikan perlindungan serta keamanan bagi keluarganya. Sebagai kepala keluarga, ayah juga harus bertanggung jawab dalam memastikan kebutuhan keluarganya tercukupi baik dari segi materi maupun spiritual.

 

Baca Juga: Gantikan Peran Istri, Salah Gak Sih Jadi Ayah Rumah Tangga?

 

Ayah harus terlibat dalam menentukan pola asuh anak yang tepat sesuai kebutuhan usia anak, dan memastikan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh keluarga adalah yang terbaik untuk perkembangan anak. Ayah dapat membantu ibu dalam menentukan batasan-batasan yang harus diterapkan pada anak dan mengevaluasi cara pengasuhan yang telah dilakukan. Dengan demikian, pola asuh yang diterapkan akan lebih konsisten dan efektif dan membentuk kepribadian anak yang baik sesuai dengan kehendak Tuhan.

Halaman :
1

Ikuti Kami