Katakan Selamat Tinggal Pada Bibir Kering! Ikuti Langkah Berikut dan Welcome Bibir Sehat
Sumber: canva.com

Health / 16 March 2023

Kalangan Sendiri

Katakan Selamat Tinggal Pada Bibir Kering! Ikuti Langkah Berikut dan Welcome Bibir Sehat

Claudia Jessica Official Writer
1386

Bibir kering dan pecah-pecah dapat sangat mengganggu dan bahkan menyakitkan. Bibir yang kering dan pecah-pecah juga bisa mengurangi penampilan dan percaya diri seseorang. Terlebih lagi, bibir pecah-pecah juga bisa menjadi sumber masalah kesehatan seperti infeksi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, yaitu:

1. Dehidrasi

Bibir, mata, dan mulut yang kering adalah tanda bahwa tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Maka dari itu, kita perlu minum air sebanyak 1,5-2 liter sehari. Namun sejatinya, kebutuhan cairan setiap berbeda-beda. Untuk itu, Anda bisa lihat kebutuhan cairan yang sesuai dengan tubuh Anda dari artikel berikut ini: 3 Kebiasaan Sepele yang Biasa Kita Lakukan Ini Ternyata Berpengaruh Besar Bagi Kesehatan Lho!

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar UV (ultraviolet) matahari dan angin bisa membuat bibir dehidrasi sehingga pecah-pecah dan kering. Hal ini disebabkan oleh tekstur kulit bibir yang halus dan tipis dapat menghilangkan kelembaban pada bibir.

Untuk mencegah hal ini, gunakanlah pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan yang dapat melembabkan bibir dari paparan sinar matahari dan angin yang dapat merusak bibir. Anda juga bisa menggunakan masker bibir atau lip balm yang lebih pekat saat berada di tempat yang kering atau dingin.

3. Alergi

Penggunaan beberapa produk bibir yang menggunakan bahan kimia tertentu dapat menyebabkan alergi pada bibir. Selain itu, alergi juga bisa terjadi karena bahan makanan atau obat tertentu yang kita konsumsi. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus menghentikan pemakaian dan berkonsultasi ke dokter.

4. Kurang vitamin

Kurangnya vitamin B2 dapat menyebabkan beberapa masalah kulit, seperti ruam pada wajah, jerawat, serta bibir pecah-pecah dan kering. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B2 yang biasanya terdapat pada telur dan daging tanpa lemak.

5. Penggunakan kosmetik yang tidak tepat

Produk kosmetik Beberapa produk kosmetik seperti lipstik, lip balm, atau lip gloss yang mengandung bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Sebaiknya, pakailah lipstik yang mengandung bahan yang dapat melembabkan bibir seperti madu, minyak jojoba, shea butter, dan vitamin E.

Selain beberapa kiat di atas, ada juga beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan agar tidak membuat bibir pecah-pecah dan kering, yakni:

1. Gunakan tabir surya bibir

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya bibir saat berada di bawah sinar matahari. Tabir surya bibir membantu melindungi kulit bibir dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

2. Jangan menjilat bibir

Jangan menjilat bibir, karena air liur tidak akan membuat bibir menjadi lebih lembap, malah akan membuat bibir menjadi lebih kering. Hal ini akan membuat bibir semakin pecah-pecah dan sulit untuk sembuh.

3. Hindari menggosok bibir

Hindari menggosok bibir dengan kasar atau menggunakan produk scrub bibir yang terlalu abrasif. Hal ini hanya akan memperburuk kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah.

4. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat mengurangi kelembaban bibir dan membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Hindari atau kurangi konsumsi rokok dan alkohol untuk menjaga kesehatan bibir.

5. Jangan mematikan kelembapan bibir dengan tangan

Menggigit atau mengupas kulit bibir dengan gigi atau tangan dapat membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Jangan mematikan kelembapan bibir dengan tangan atau gigi, sebaiknya gunakan pelembap bibir untuk menjaga kelembapan bibir.

6. Perhatikan kebersihan mulut

Menggosok gigi secara teratur dan menggunakan obat kumur dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa sangat mengganggu, baik dari segi kesehatan maupun penampilan. Tak jarang, bibir yang kering dan pecah-pecah juga menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kulit bibir.

Dengan mengikuti tips di atas, semoga dapat membantu menjaga kelembaban dan kesehatan bibir Anda.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami