Kata Siapa Generasi Sandwich Ga Bisa Nabung? Nih Ikutin Tipsnya
Sumber: canva.com

Finance / 15 March 2023

Kalangan Sendiri

Kata Siapa Generasi Sandwich Ga Bisa Nabung? Nih Ikutin Tipsnya

Claudia Jessica Official Writer
1381

Orang yang harus merawat orang tua, anak-anak dan dirinya secara bersamaan biasanya dikatakan sebagai generasi sandwich. Mereka berada di antara dua generasi, dan sering kali memiliki tekanan finansial yang besar karena harus membiayai banyak pihak.

Banyak orang yang beranggapan kalau generasi sandwich berarti tidak bisa memiliki tabungan karena uang yang dihasilkan harus dialokasikan. Padahal tabungan adalah hal yang penting untuk dimiliki untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian. Menabung juga membantu generasi sandwich dalam menghadapi tekanan finansial saat menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti hilangnya pekerjaan atau perlu merawat orang tua yang membutuhkan biaya perawatan tambahan.

Selain itu, menabung juga membantu generasi sandwich dalam merencanakan masa pensiun mereka. Karena generasi sandwich seringkali harus mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan orang tua dan anak-anak, mereka mungkin tidak memiliki banyak sisa uang untuk disisihkan untuk masa pensiun. Dengan menabung sejak dini, generasi sandwich dapat membangun kekayaan mereka dan mempersiapkan diri mereka untuk masa pensiun yang lebih stabil secara finansial.

Maka dari itu, jawaban.com memberikan beberapa tips keuangan yang dapat membantu generasi sandwich dalam mengatur keuangannya:

1. Buatlah anggaran bulanan

Membuat anggaran bulanan merupakan langkah awal yang penting untuk mengatur keuangan. Dalam anggaran bulanan, generasi sandwich harus mempertimbangkan semua pengeluaran bulanan, termasuk biaya hidup, biaya kesehatan, biaya pendidikan anak, biaya untuk orang tua, dan tabungan darurat.

2. Prioritaskan pengeluaran

Setelah membuat anggaran bulanan, generasi sandwich harus memprioritaskan pengeluarannya. Sebagai contoh, jika biaya kesehatan orang tua lebih besar daripada biaya pendidikan anak, maka prioritas harus diberikan pada biaya kesehatan orang tua.

3. Buatlah rencana jangka panjang

Selain anggaran bulanan, generasi sandwich juga harus membuat rencana jangka panjang untuk mengatur keuangan. Rencana ini dapat meliputi tabungan untuk pendidikan anak, tabungan untuk pensiun, dan tabungan darurat. Dengan membuat rencana jangka panjang, generasi sandwich dapat menghindari tekanan keuangan di masa depan.

4. Manfaatkan teknologi

Teknologi dapat membantu generasi sandwich dalam mengatur keuangannya dengan lebih efektif. Ada banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu dalam pembuatan anggaran bulanan, pencatatan pengeluaran, dan monitoring tabungan. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk membandingkan harga produk dan jasa, sehingga dapat membantu generasi sandwich menghemat uang.

5. Hindari hutang

Hutang dapat menghambat kemampuan generasi sandwich untuk menabung. Jika generasi sandwich memiliki hutang, upayakan untuk melunasi hutang secepat mungkin dan hindari mengambil hutang baru. Dengan mengurangi hutang, generasi sandwich dapat memiliki lebih banyak uang untuk disisihkan untuk menabung.

6. Tingkatkan penghasilan

Terakhir, generasi sandwich dapat mencari cara untuk meningkatkan penghasilan mereka. Misalnya, dengan bekerja sampingan atau menjual barang-barang yang tidak lagi digunakan. Dengan meningkatkan penghasilan, generasi sandwich dapat menambah jumlah uang yang disisihkan untuk menabung dan mencapai tujuan menabung mereka lebih cepat

Mengatur keuangan untuk generasi sandwich memang tidak mudah, tetapi sangat penting untuk menghindari tekanan keuangan di masa depan. Dengan membuat anggaran bulanan, memprioritaskan pengeluaran, membuat rencana jangka panjang, dan langkah-langkah lain di atas, generasi sandwich dapat mengatur keuangannya dengan lebih efektif dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami