Kemenhub Adakan Mudik Gratis, Mau Jadi Peserta? Cek Dulu Syaratnya
Sumber: pikiranrakyatdepok.com

News / 14 March 2023

Kalangan Sendiri

Kemenhub Adakan Mudik Gratis, Mau Jadi Peserta? Cek Dulu Syaratnya

Bella Tiurma Official Writer
934

Program mudik gratis yang disediakan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) dengan moda transportasi bus telah resmi di buka pada Senin, 13 Maret 2023. Pendaftaran dibuka sampai 14 April 2023. 

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto mengabarkan pihaknya menyiapkan armada bus sebanyak 585 unit untuk kuota  24.072 penumpang. Kapasitas unit bus dan jumlah penumpang akan dibagi menjadi 459 unit bus untuk menampung 18.528 penumpang pada arus mudik, dan 126 unit bus untuk 5.544 penumpang pada arus balik. 

Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor, Kemenhub juga memfasilitasi 30 unit truk yang akan digunakan untuk mengangkut 900 sepeda motor. Pembagian alokasi fasilitas ini menjadi 15 unit truk pada arus mudik dan 15 unit truk pada arus balik. 

Pada tahun 2023 ini, pendaftaran program mudik gratis dapat dilakukan melalui aplikasi MitraDarat. Masyarakat yang ingin mengikuti program ini harus memenuhi beberapa persyaratan. 

Persyaratan Mudik Gratis 2023 

1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, seperti KTP/SIM/KK. 

2. Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik. 

3. Peserta yang mengikuti mudik dan balik, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersama dengan pendaftaran arus mudik (dengan catatan, kota tujuan mudik yang dipilih ada pilihan kota arus balik dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kuota tujuan arus mudik).

4. Peserta hanya diberikan waktu selama 7 hari setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah di tentukan. 

5. Bila lewat dari 7 hari dan peserta tidak melakukan validasi ulang, maka dianggap gugur atau hangus dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem). 

6. Peserta yang mudik dan balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Penyerahan motor sesuai tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus. 

7. Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani saat keberangkatan arus mudik dan balik. 

8. Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum keberangkatan. 

 

Cara Pendaftaran Mudik Gratis 2023 

Masyarakat dapat menggunakan aplikasi MitraDarat yang diunggah melalui Playstore dan Appstore. Berikut cara mendaftarkan diri menjadi peserta mudik gratis 2023. 

Daftar Akun 

1. Klik tombol “login” 

2. Masukan alamat email/akun Google 

3. Masukan nomor telepon (Whatsapp) 

4. Masukan kode OTP 

Setelah login berhasil akan menampilkan dashboard MitraDarat 

Pemesanan Tiket 

1. Klin ikon “mudik gratis” 

2. Pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik 

3. Pilih armada mudik yang sesuai 

4. Isi identitas data penumpang 

5. Klik tombol “selesaikan pesanan” 

Setelah melakukan pemesanan tiket, masyarakat dapat melakukan validasi tiket 13 Maret – 14 April 2023 pukul 09.00-16.00 WIB di GOR Bulungan, Terminal Pondok Cabe, Terminal Kayuringin, Terminal Margonda, dan Kantor Dishub Tangerang. 

Validasi Tiket 

1. Klik ikon “mudik gratis” 

2. Klik ikon “tiketku” 

3. Pilih tiket yang telah dipesan 

4. Klik tombol “lihat kode QR” 

5. Tampilan kode QR menjadi bukti pemesanan tiket (tunjukkan kode QR tersebut kepada petugas untuk proses validasi tiket) 

Kota yang menjadi tujuan mudik gratis 2023 ini terbatas, Kemenhub hanya menyediakan sekitar 28 kota dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, Jawa Timur dan Sumatera. 

Sumber : Kompas.com 

Halaman :
1

Ikuti Kami