Sekolah Santa Theresia Meriahkan Hari Musik Nasional
Sumber: lib.ub.ac.id

News / 11 March 2023

Kalangan Sendiri

Sekolah Santa Theresia Meriahkan Hari Musik Nasional

Bella Tiurma Official Writer
1086

Pada tanggal 9 Maret 2023, diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Di mana hari besar nasional ini diresmikan secara sah oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013.

Sebagai bagian dari peringatan salah satu hari besar nasional ini, Jakarta Musik Studio menggelar pertunjukkan bersama Sekolah Theresia dan Sarinah. Dengan menampilkan sejumlah talenta muda berbakat Tanah Air seperti Steven Pasaribu, Shakira Jasmine, Difki Khalif, dan Putri Alessa. Penampilan mereka diiringi oleh orkestra dari Sekolah Santa Theresia yang berjumlah 32 siswa dari tingkat SD sampai SMA/SMK.

Kolaborasi yang dilakukan Jakarta Musik Studio dan Sekolah Santa Theresia dalam memperingati Hari Musik Nasional sangat berharga bagi kedua belah pihak. Mengutip dari Liputan6.com, Wilbert salah satu murid dari Santa Theresia mengungkapkan rasa kegembiraannya “Perasaan saya sebenarnya excited ya, apalagi bisa berkolaborasi dengan salah satu label musik terbesar di Indonesia. Seneng banget sih bisa ada di sini.”.

Baca Juga : Peringati Hari Musik Nasional, Ternyata Ini 5 Fakta Mengejutkan Tentang Musik dalam Alkitab

Sejarah Singkat Hari Musik Nasional

Menurut informasi yang terdapat pada laman website Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud, Penetapan Hari Musik Nasional bermula dari pemilihan tanggal lahir komponis besar Indonesia yang menciptakan lagu kebangsaaan Indonesia Raya W.R. Supratman. Beberapa pihak menyatakan bahwa W.R. Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903.

Sehingga Presiden ke-6 Republik Indonesia menetapkan bahwa Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret. Keppres Nomor 10 Tahun 2013 menyebutkan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Namun pada tahun 2007, melalui Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29 Maret 2007, menyatakan tanggal lahir W.R. Supratman jatuh pada tanggal 19 Maret 1903. Keluarga W.R. Supratman pun telah menyetujui hasil dari keputusan ini.

Baca Juga : Fakta Alkitab: Shofar, Alat Musik Tertua yang Memiliki Makna Mendalam

Inti dari perayaan Hari Musik Nasional sebagai bentuk untuk memperkuat simbol kebangkitan musik nasional dan daerah. Serta memotivasi masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai dan menghargai karya-karya musik dari Tanah Air.

Diharapkan dengan adanya perayaan hari besar nasional ini akan memperkuat  dan mempromosikan kekayaan dan keindahan musik Indonesia kepada dunia. Sehingga semakin banyak orang yang mengenal dan mengapresiasi musik Indonesia.

 

Sumber : Liputan6.com; ditsmp.kemendikbud.go.id

Halaman :
1

Ikuti Kami