Pembangunan Gereja Kristen Jawi Wetan Ditolak Pengurus Ranting NU, Ini Hasil Mediasi
Sumber: detik.com

News / 10 March 2023

Kalangan Sendiri

Pembangunan Gereja Kristen Jawi Wetan Ditolak Pengurus Ranting NU, Ini Hasil Mediasi

Claudia Jessica Official Writer
416

Selembar surat berisi penolakan pembangunan sebuah gereja di sebuah desa di Jawa Timur beredar di sosial media dan berakhir viral. Surat tersebut dibuat oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU), desa Sumberejo pada tanggal 20 Januari, 2023 lalu.

[Gambar: Surat penolakan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di Desa Sumberejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang]

Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang rencananya dibangun Desa Sumberejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang terpaksa harus dihentikan karena mayoritas masyarakat menolak kehadiran gereja tersebut.

Terdapat 4 poin dalam surat tersebut yang menyatakan untuk menolak pembangunan pendirian rumah doa atau gereja di RT 47 RW 14 Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo dengan alasan untuk menjaga keharmonisan, kenyamanan, dan keamanan masyarakat bersama.

 

 

BACA JUGA: Soal Penolakan Gereja, PGI Minta Revisi Aturan SKB 2 Menteri ke Menko Polhukam

 

Di poin pertama, tertulis bahwa masyarakat menolak pendirian gereja di Dusun Sumbersari. Pada poin kedua, Kepala Desa Sumberejo tidak memberikan rekomendasi pendirian rumah ibadah. Pada poin ketiga dalam surat tersebut juga tertulis panitia pembangunan tidak meneruskan pengerjaan. Poin terakhir, pembangun dihentikan demi keharmonisan, kenyamanan, dan keamanan.

Beredarnya surat ini dikonfirmasi oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malang, Tri Waluyo.

Penolakan ini kemudian dimediasi oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Mediasi dilakukan di Balai Desa Sumberejo dan menghasilkan dua kesepakatan yang kemudian ditandatangani oleh Kades Sumberejo, Abdul Rohman pada tanggal 21 Januari 2023.

[Gambar: Surat hasil mediasi penolakan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW)]

Pada poin pertama, disepakati bahwa pembangunan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) tetap dihentikan. Sementara pada poin kedua, pemerintah desa akan melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak yang membidangi masalah tersebut di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

 

Lihat berita tentang penolakan pembangunan gereja lainnya, klik di sini.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami