Ingin Menjadi Wanita Bebas Finansial? Simak 3 Tips Berikut
Sumber: pixabay.com

Finance / 9 March 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Menjadi Wanita Bebas Finansial? Simak 3 Tips Berikut

Bella Tiurma Official Writer
1417

Pada tanggal 8 Maret kemarin merupakan Hari Perempuan Internasional, menjadi momen penting bagi wanita yang mampu berperan dalam segala kondisi. Saat ini semakin banyak wanita yang berhasil memiliki peran penting dan berkarir di berbagai bidang. Sehingga memungkinkan banyak wanita mampu mendukung keuangan di dalam keluarga. 

Kebebasan finansial atau financial freedom adalah sebuah kondisi seseorang yang memiliki penghasilan pasif mencukupi kebutuhan hidup, terhindar dari segala risiko finansial, tidak perlu khawatir ketika melakukan biaya pengeluaran dan terbebas dari segala jenis hutang. 

Dengan memiliki pendidikan dan keterampilan yang memadai, wanita Indonesia semakin termotivasi untuk mengatasi berbagai hambatan sosial dan mengatasi peran serta stereotipe yang menghambat keberhasilan mereka. Hal ini yang menjadi kekuatan untuk mencapai kebebasan finansial. 

Kebebasan finansial memerlukan keterampilan untuk mengelola keuangan dan tidak bergantung pada siapapun. Sehingga memberikan keamanan dan kemandirian finansial untuk merancang masa depan finansial yang baik. 

Bagi para wanita yang masih berusaha untuk mencapai kebebasan finansial, berikut tips yang dapat membantu. 

1. Lakukan Pencatatan Pengeluaran 

Menentukan tujuan finansial merupakan peran utama dalam mencapai kebebasan finansial. Dengan tujuan yang jelas setiap wanita dapat melakukan pengelolaan dan pencatatan pengeluaran bulanan. Untuk menentukan tujuan pengeluaran dapat dilakukan dengan metode SMART, yaitu Specific, Measureable, Adjustable, Realistic, and Time-bound. 

Setiap wanita juga dapat mengklasifikasikan pengeluaran menjadi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Serta siapkan dana darurat yang dapat digunakan kapanpun diperlukan. 

2. Investasi dan Kurangi Utang 

Meningkatnya gaya hidup yang diinginkan oleh setiap wanita mengharuskan untuk memiliki sumber dana yang lebih besar daripada sekedar tabungan tunggal. Oleh karena itu, banyak wanita yang memutuskan untuk mengalokasikan sebagian penghasilan mereka ke dalam investasi. Melakukan investasi akan memberikan dampak positif jangka panjang untuk membantu setiap wanita mencapai kebebasan finansial serta membebaskan dari utang. 

3. Asuransi Diri 

Selain melakukan investasi, cara lain yang bisa dilakukan untuk memperkuat kondisi finansial adalah dengan mengoptimalkan asuransi untuk melindungi diri baik kesehatan maupun kehidupan. Menghindari masalah yang dapat terjadi di masa depan, maka memiliki perlindungan asuransi menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Namun hindari penggabungan investasi dan asuransi. 

 

Mencapai kebebasan finansial merupakan tujuan yang diinginkan oleh banyak wanita. Oleh karena itu, setiap wanita harus mampu mengelola keuangan dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan, membangun investasi yang tepat dan memperoleh perlindungan yang memadai. 

 

Sumber : Wolipop.detik.com; liputan6.com

Halaman :
1

Ikuti Kami