Pengangguran Didominasi Sarjana & Diploma, Lihat Peluang Usaha Apa yang Bisa Dilakukan
Sumber: canva.com

Finance / 3 March 2023

Kalangan Sendiri

Pengangguran Didominasi Sarjana & Diploma, Lihat Peluang Usaha Apa yang Bisa Dilakukan

Claudia Jessica Official Writer
725

Menaker sebut 12 persen pengangguran di Indonesia didominasi oleh sarjana dan diploma. Hal ini disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Republik Indonesia, Ida Fauziyah. Menurutnya, banyaknya pengangguran yang didominasi oleh sarjana dan diploma ini adalah tidak adanya link and match antara perguruan tinggi dengan pasar kerja.

“Kita masih punya Pekerjaan Rumah (PR) bahwa jumlah pengangguran lulusan sarjana dan diploma masih di angka 12% karena tidak adanya link and match,” kata Ida dikutip dari laman resmi UGM (Rabu, 22/02/2023).

Namun yang perlu kita tahu adalah selalu ada peluang di tengah masalah yang terjadi. Misalnya saja seperti peluang usaha yang bisa kita buat untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan. Mari kita lihat apa saja peluang usaha yang memungkinkan untuk dilakukan di era digital ini.

#1 E-commerce

E-commerce atau bisnis online semakin diminati di era digital ini. Dengan menggunakan internet, konsumen bisa dengan mudah melakukan pembelian produk atau jasa secara online tanpa harus keluar rumah. Peluang usaha e-commerce sangat besar dan banyak ditemukan di berbagai bidang, seperti fashion, makanan, peralatan rumah tangga, elektronik, dan masih banyak lagi.

#2 Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile semakin populer di era digital ini. Dengan menggunakan smartphone, pengguna bisa mengakses berbagai aplikasi yang sangat membantu aktivitas sehari-hari, seperti transportasi, kuliner, kesehatan, dan sebagainya. Oleh karena itu, peluang usaha yang terkait dengan pembuatan aplikasi mobile sangat menjanjikan.

#3 Digital Marketing

Digital marketing adalah teknik pemasaran produk atau jasa yang dilakukan secara online. Banyak perusahaan memanfaatkan teknik digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Peluang usaha digital marketing bisa dimanfaatkan oleh para freelancer atau agensi yang memiliki kemampuan dalam bidang digital marketing.

#4 Konsultan Teknologi

Bisnis konsultan teknologi mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Konsultan teknologi membantu perusahaan atau individu dalam memahami teknologi yang digunakan dan memberikan solusi terbaik untuk mengoptimalkan teknologi tersebut. Bisnis konsultan teknologi sangat menjanjikan karena semakin banyak perusahaan yang membutuhkan bantuan untuk memaksimalkan teknologi yang dimilikinya.

Meski demikian, untuk membuka suatu usaha, tentu ada resiko yang harus dihadapi. Apa saja resiko yang mungkin terjadi jika mau membuka usaha di bidang digital ini?

1. Persaingan yang ketat Bisnis di era digital memungkinkan siapapun untuk menjalankannya, sehingga persaingan di dalamnya sangat ketat. Untuk berhasil, Anda harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda.

2. Tantangan dalam membangun brand awareness Brand awareness adalah kesadaran masyarakat akan merek produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tantangan untuk membangun brand awareness di era digital sangat besar, mengingat banyaknya persaingan dan masyarakat yang cenderung skeptis terhadap merek yang belum terkenal.

3. Ketergantungan pada teknologi bisnis di era digital sangat tergantung pada teknologi. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa teknologi yang Anda gunakan selalu up-to-date dan bisa diandalkan. Jika terjadi masalah dengan teknologi, bisnis Anda bisa terhambat.

4. Keamanan data dalam menjalankan bisnis di era digital, keamanan data sangat penting. Anda harus memastikan bahwa data konsumen atau klien Anda aman dari serangan hacker atau tindakan yang tidak bertanggungjawab.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami