3 Cerita Alkitab yang Bisa Anda Bawakan untuk Anak Sekolah Minggu
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 27 February 2023

Kalangan Sendiri

3 Cerita Alkitab yang Bisa Anda Bawakan untuk Anak Sekolah Minggu

Claudia Jessica Official Writer
7065

Prapaskah secara tradisional diamati dari Rabu Abu hingga Malam Paskah. Prapaskah dianggap sebagai peringatan 40 hari yang dihabiskan Yesus dengan berpuasa di padang pasir saat dia bersiap untuk pelayanan.

Kisah-kisah Alkitab berikut akan membantu Anda membagikan kehidupan dan pelayanan Yesus kepada anak-anak selama masa Prapaskah. Memfokuskan perhatian anak Anda pada kehidupan Yesus saat menuju Paskah adalah cara yang bagus untuk membuka hati mereka. Bagian penting dari cerita ini adalah penting untuk membangun percakapan iman. Mari kita lihat tiga cerita Alkitab untuk anak sekolah minggu:

#1 Yesus dibaptis oleh Yohanes (Matius 3:13-17)

Kebenaran yang perlu dijelaskan: Menjadi teladan bagi manusia untuk merendahkan diri dan menerima keselamatan dari-Nya.

Manusia dibaptis karena harus bertobat dari kehidupan lama dan meninggalkan semua dosa-dosanya. Tapi untuk apa Yesus dibaptis?

Matius 3:15 dan Galatia 4:4-5 menjelaskan bahwa Allah mengutus anak-Nya yang tunggal, yaitu Yesus untuk menebus dosa manusia. Yesus menggenapi kehendak Allah sekaligus menjadi teladan dan menyetarakan diri-Nya dengan kita, manusia. Yesus 100 persen manusia dan 100 persen Tuhan.

Sebagai manusia yang berdosa, kita menyerahkan diri untuk dibaptis sebagai tanda bahwa kita mau hidup baru dalam Tuhan, siap mengikut Yesus, dan siap melayani orang-orang disekitar kita. Peristiwa baptisan ini juga mengajarkan kita dan anak-anak, bahwa Tuhan Yesus mau merendahkan diri-Nya agar setara dengan orang-orang yang Ia layani nantinya. Begitu pun dengan kita, kita harus merendahkan diri untuk melayani orang-orang nantinya.

Yang terakhir, baptisan adalah bukti penyertaan Roh Kudus untuk memulai pelayanan

Sejak awal, Tuhan Yesus telah dikandung dan didiami dari Roh Kudus (Lukas 1: 35). Kemudian saat Yesus dibaptis, Ia diurapi oleh Allah dan diberi kuasa oleh Roh Kudus secara pribadi untuk memampukan Dia dalam pelayanan-Nya.

Hubungkan kisah ini dengan masa Prapaskah dan tekankan kebutuhan kita memperoleh keselamatan yang Yesus tawarkan.

#2 Memberi Makan lima ribu orang (Yohanes 6: 1-14)

Kebenaran yang perlu dijelaskan: Mukjizat Yesus menunjukkan betapa besarnya kuasa Tuhan

Tujuan akhir Yesus datang ke bumi adalah untuk menghapus dosa manusia. Namun di tengah-tengah perjalanan-Nya, Yesus menghabiskan banyak waktu dengan manusia dan Ia mengajari kita cara hidup dan menggunakan kuasa Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak mungkin sudah familiar dengan kisah populer ini, tetapi Anda bisa menceritakan kembali kepada mereka dan menekankan alasan mengapa Yesys melakukan mujizat seperti ini. Dengan berinteraksi dengan orang-orang melalui pengajaran, mujizat, dan penyembuhan, Yesus membuka hati-Nya kepada orang lain sehingga memungkinkan mereka untuk membuka hati kepada-Nya.

Hubungkan kisah ini dengan masa Prapaskah dengan membagikan bahwa ini hanyalah satu mukjizat yang dilakukan Yesus selama hidup di bumi. DIA menunjukkan kepada kita bahwa Yesus adalah Anak Allah dan layak untuk disembah.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ⇒

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami