5 Cara Sederhana Ajarkan Anak Tentang Prapaskah
Sumber: Crosswalk.com

Relationship / 23 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Cara Sederhana Ajarkan Anak Tentang Prapaskah

Lori Official Writer
1797

Minggu Prapaskah sudah dimulai. 40 Hari ke depan, umat Kristiani di berbagai belahan dunia akan menjalani masa-masa perenungan, puasa dan doa. 

Sebagai orang tua, Anda mungkin ingin melibatkan anak untuk menjalani masa Prapaskah ini. Tapi masalahnya adalah anak perlu memahami apa itu masa Prapaskah.

Pertama-tama, bagikan tentang asal usul Paskah yang berkaitan dengan sejarah orang-orang Israel yang mengembara ke padang gurun selama 40 tahun dan bagaimana Yesus dicobai saat sedang mengasingkan diri untuk berpuasa selama 40 hari di padang gurun. Kemudian masa prapaskah bergeser menjadi momen refleksi dan doa untuk menyambut peringatan kematian dan kebangkitan Yesus. 

Lakukan 5 cara sederhana ini untuk mengajarkan anak tentang Prapaskah:

1. Pakai kata-kata yang sederhana

Anak-anak di bawah umur mungkin punya keterbatasan di dalam memahami konsep pengampunan dan penebusan. Karena itu jelaskannya prapaskah dengan bahasa yang sederhana. Misalnya, sampaikan bahwa prapaskah adalah masa untuk mengingat kembali pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib. 

Sampaikan bahwa manusia sudah berdosa sejak semula, karena itulah di momen Prapaskah, orang Kristen akan mengambil waktu untuk kembali menyucikan diri lewat pengakuan dosa dan puasa.

 

Baca Juga: Yuk Jelaskan Makna Tentang Minggu Palma Yang Dirayakan Di Masa Prapaskah

 

2. Pakai alat peraga

Tak semua anak suka mendengar lewat kata-kata. Ada saja diantaranya yang sangat mudah memahami lewat visual. Jadi ada baiknya menggunakan alat peraga untuk menjelaskan konsep dan makna prapaskah. Bahkan studi membuktikan bahwa anak akan sangat tertarik mempelajari sesuatu jika ditunjukkan secara visual dan kreatif.

 

3. Membaca buku

Buku tetap menjadi sumber belajar yang efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang Prapaskah. Saat ini, tersedia banyak buku tentang Prapaskah dengan berbagai jenis dan level kesulitan yang dapat dipilih sesuai dengan usia anak-anak.

 

Baca Juga: Ide-ide acara Paskah Sekolah Minggu

 

4. Pakai film atau kartun

Media seperti film atau kartun bisa menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan anak tentang Prapaskah. Salah satunya orang tua bisa memakai animasi Superbook sebagai bahan untuk menjelaskan hal ini ke anak. Anda bisa mendapatkannya lewat Youtube Superbook Indonesia atau klik di sini.

 

5. Resep makanan

Orang tua juga bisa memakai resep makanan atau menu-menu makanan untuk menjelaskan jenis makanan yang harus dijauhkan oleh umat Katolik yang menjalankan puasa selama Prapaskah.

Momen Paskah adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengajarkan anak tentang kasih Tuhan yang sempurna. Sampaikan bahwa wujud dari kasih ini adalah penyaliban Yesus untuk menebus dosa manusia.

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3: 16)

Halaman :
1

Ikuti Kami