4 Pasangan di Alkitab yang Tidak Taat Kepada Tuhan, Bagaimana Keadaannya?
Sumber: Crosswalk

Relationship / 22 February 2023

Kalangan Sendiri

4 Pasangan di Alkitab yang Tidak Taat Kepada Tuhan, Bagaimana Keadaannya?

Wisnu Prianggani Contributor
2216

Alkitab memiliki banyak kisah tentang pasangan suami istri, baik yang terkenal karena kebaikan maupun yang terkenal karena kejahatan. Kita juga dapat menemukan banyak kisah mengenai pasangan suami istri yang mengalami situasi sulit atau justru melakukan tindakan yang buruk.

Beberapa di antaranya bahkan memicu peristiwa tragis yang menghantui sejarah umat manusia karena ketidaktaatan mereka. Berikut 4 daftar pasangan suami istri yang tidak setia di dalam Alkitab.

1. Adam dan Hawa (Kejadian 3)

Adam dan Hawa adalah pasangan pertama di dunia yang hidup di Taman Eden yang indah. Adam dan Hawa diberikan perintah oleh Tuhan untuk tidak memakan buah dari pohon pengetahuan yang terletak di tengah-tengah taman Eden. Namun sayangnya, Hawa tergoda oleh ular yang menawarkan buah tersebut dan mengajak Adam untuk memakannya juga. Tindakan mereka ini mengakibatkan dosa asal yang membawa akibat buruk bagi seluruh umat manusia dan mereka juga dihadapkan dengan konsekuensi dari dosa yang mereka lakukan, termasuk diusir dari taman Eden.

 

Baca Juga: 4 Sosok Suami di Alkitab yang Begitu Mengasihi Istrinya

 

2. Ahab dan Izebel (1 Raja-raja 16:30-33, 1 Raja-raja 21:25-26)

Ahab dan Izebel adalah pasangan yang tidak taat kepada Tuhan. Ahab adalah raja Israel yang melakukan banyak kejahatan dan dosa, termasuk mempersekusi nabi-nabi Tuhan dan memuja dewa Baal. Izebel juga tidak taat dan menjadi penyebabnya Ahab semakin jauh dari Tuhan. Mereka bahkan membunuh Nabot hanya untuk mendapatkan kebun anggur miliknya.

 

3. Ananias dan Safira (Kisah Para Rasul 5:1-11)

Ananias dan Safira adalah pasangan yang berbohong kepada Tuhan dan gereja. Mereka menjual tanah mereka dan mengatakan bahwa mereka memberikan seluruh hasil penjualan kepada gereja, tetapi sebenarnya mereka menyimpan sebagian uang itu untuk diri sendiri. Karena kebohongan mereka, Tuhan menghukum mereka dengan kematian. Kisah ini menjadi peringatan bagi kita untuk selalu jujur dan taat.

 

4. Herodes dan Herodias (Matius 14:1-12, Markus 6:14-29)

Herodes dan Herodias adalah pasangan yang penuh skandal. Herodes adalah raja Galilea yang sombong dan tidak taat kepada Tuhan. Ia memperistri Herodias, mantan istri saudaranya, yang juga tidak taat. Yohanes Pembaptis mengecam tindakan mereka, dan Herodes bahkan memerintahkan untuk membunuh Yohanes sebagai balas dendam.

Dari keempat pasangan suami istri tersebut, kita dapat belajar banyak pelajaran. Adam dan Hawa mengajarkan kita untuk taat kepada perintah Tuhan. Ahab dan Izebel mengajarkan kita untuk tidak memuja dewa-dewa lain dan menghormati nabi-nabi Tuhan. Ananias dan Safira mengajarkan kita untuk selalu jujur dan tidak berbohong. Terakhir, Herodes dan Herodias mengajarkan kita untuk tidak sombong dan menghargai kehidupan manusia.

 

Baca Juga: Suami Hati-hati Sama Sikap Ini Kalau Gak Mau Kayak Film Noktah Merah Perkawinan

 

Sebagai manusia, kita tidak luput dari godaan menjadi pribadi yang tidak taat. Karena itu, kita perlu belajar banyak dari kisah-kisah ini dan selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang taat kepada Tuhan serta tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Halaman :
1

Ikuti Kami