7 Didikan Terbaik Orang Tua yang Tercatat di Alkitab
Sumber: iStock.com

Relationship / 20 February 2023

Kalangan Sendiri

7 Didikan Terbaik Orang Tua yang Tercatat di Alkitab

Wisnu Prianggani Contributor
1866

Alkitab adalah panduan hidup orang percaya. Didalamnya, terdapat banyak pelajaran berharga yang bertujuan untuk membangun hidup kita sesuai dengan rencana Tuhan, salah satu diantaranya berisi banyak pelajaran bagi orang tua di dalam mendidik anak-anaknya.

Didikan orang tua yang benar memang penting bagi pembentukan karakter anak-anak dan Alkitab menjadi sumber panduan terbaik bagi orang tua di dalam cara mendidik anak. Berikut 7 didikan terbaik versi Alkitab.

1. Menunjukkan kasih sayang dan perhatian (Efesus 6:4)

Didikan yang pertama adalah menunjukkan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak. Orang tua harus mengajarkan kepada anak bahwa mereka selalu dicintai dan diperhatikan. Dengan cara ini, anak-anak akan merasa aman dan terlindungi.

 

Baca Juga: 16 Ayat Alkitab untuk Membekali Orangtua dalam Mendidik Anak

 

2. Memberikan pendidikan moral dan spiritual (Efesus 4:32)

Orang tua harus memberikan pendidikan moral dan spiritual yang kuat kepada anak-anak mereka. Mereka harus mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, kerendahan hati, dan kasih sayang. Mereka juga harus mengajarkan kepercayaan kepada Tuhan.

 

3. Menunjukkan teladan yang baik (Efesus 5:24, Yosua 24:15)

Orang tua harus menjadi teladan bagi anak-anak mereka. Mereka harus hidup sesuai dengan nilai-nilai moral dan spiritual yang mereka ajarkan. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar dari contoh yang baik.

 

4. Mendidik dengan tegas (2 timotius 3:16)

Orang tua harus mendidik anak-anak mereka dengan tegas. Mereka harus memberikan konsekuensi yang jelas ketika anak melanggar aturan. Namun, tegas bukan berarti kasar. Orang tua harus tetap menunjukkan kasih dengan dasar pengajaran yang benar.

 

5. Mengajarkan tanggung jawab (Ibrani 12:11)

Orang tua harus mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak mereka. Mereka harus mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi tanggung jawab yang lebih besar ketika mereka dewasa nanti. Salah satu bentuk tanggung jawab adalah merawat keluarga sendiri.

 

Baca Juga: Inilah 4 Sosok Orangtua Terbaik yang Ada Dalam Alkitab, Belajar Dari Mereka Yuk!

 

6. Mendorong anak untuk mengasihi Tuhan (Amsal 3:5-6)

Orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk mempelajari dan mengenal Tuhan. Mereka harus mengajarkan anak-anak untuk berdoa, membaca Alkitab, dan memperdalam iman mereka. Dengan cara ini, anak-anak akan memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan.

 

7. Menghargai dan menghormati orang tua (Efesus 6:1-3)

Orang tua harus mengajarkan anak-anak mereka untuk menghargai dan menghormati mereka. Anak-anak harus diberitahu bahwa orang tua adalah orang yang paling penting dalam hidup mereka. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar untuk memperlakukan orang tua dengan hormat dan kasih sayang.

Didikan orang tua yang tercatat di Alkitab sangat penting bagi pembentukan karakter anak-anak. Dengan menerapkan panduan di atas, kita berharap anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mengasihi Tuhan dan bertanggung jawab atas hidupnya. 

Jika Anda juga rindu ingin memuridkan anak-anak Anda di dalam gereja, Anda bisa mendaftarkan anak melalui pelayanan Sekolah Minggu Superbook kami yang sudah ada di berbagai gereja lokal di Indonesia. Hubungi kontak Superbook kami melalui Whatsapp 081-585-585-700 atau Call Center 1500205.

Halaman :
1

Ikuti Kami