5 Sosok Istri di Alkitab yang Memilih Meninggalkan Suami Karena Masalah
Sumber: Pexels

Relationship / 20 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Sosok Istri di Alkitab yang Memilih Meninggalkan Suami Karena Masalah

Wisnu Prianggani Contributor
3626

Alkitab mencatat bahwa sebuah pernikahan adalah suatu janji yang tak terputus antara dua orang. Namun dalam perjalanannya, sebuah pernikahan bisa dipenuhi dengan kemelut konflik dan tantangan. Pasangan yang hidup di dalam Tuhan sekalipun tak lepas dari tantangan ini.

Tak heran, ada saja pernikahan yang hancur karena konflik yang tak terselesaikan dan bahkan banyak istri yang memilih untuk meninggalkan suaminya. Kisah-kisah di Alkitab ini ternyata tak jauh beda dengan yang dialami oleh banyak pernikahan saat ini.

Dari sekian banyak pernikahan yang didera konflik, terdapat 5 sosok istri di Alkitab yang memilih meninggalkan suaminya.

1. Sarai (Kejadian 16:3-6)

Sarai, istri dari Abram (yang kelak menjadi Abraham), merasa tidak sabar menunggu anak. Akhirnya, ia memberikan hambanya, Hagar, sebagai istri kedua untuk suaminya. Namun, ketika Hagar hamil, Sarai merasa cemburu dan menindas Hagar. Hagar pun melarikan diri, namun kemudian kembali setelah menerima perintah dari malaikat.

 

Baca Juga: 4 Sosok Suami di Alkitab yang Begitu Mengasihi Istrinya

 

2. Batsyeba (Kejadian 39)

Batsyeba memiliki suami bernama Uria yang meninggal dalam perang oleh karena siasat Raja Daud yang kemudia menikahinya. Namun, Daud melakukan yang bertentangan dengan hukum Taurat seperti melarang perzinahan. Batsyeba akhirnya meninggalkan Daud setelah dia menyadari bahwa hubungan mereka tidak benar dan telah melanggar hukum Tuhan.

 

3. Orpa (Rut 1:1-18)

Orpa, istri dari putra Naomi, bersama dengan Naomi dan saudarinya, Ruth, meninggalkan Moab untuk pindah ke Betlehem. Namun, ketika Naomi berusaha untuk mengubah keputusannya dan kembali ke Moab, Orpa memilih untuk tinggal di sana, sementara Ruth tetap bersama Naomi.

 

4. Istri Potifar (Kejadian 39)

Potifar adalah seorang pejabat Mesir yang istriya mencoba merayu Yusuf. Istri Potifar ini melakukan tindakan tidak benar karena ingin meninggalkan suaminya demi Yusuf. Namun, Yusuf menolak tawarannya karena dia tidak ingin melanggar perintah Tuhan. Istri Potifar merasa tersinggung dan mengadu pada suaminya bahwa Yusuf telah mencoba memperkosanya. Oleh karen ulah egoisnya, Yusuf kemudian dipenjarakan.

 

Baca Juga: Alasan Kenapa Doa Suami Tak Akan Terkabul Jika Berlaku Jahat Kepada Istri

 

5. Istri Lot (Kejadian 19:17)

Sebenarnya masalah yang membuat Istri Lot meninggalkan suaminya adalah sikap tidak mempercayai Tuhan dan tidak menghormati perintahNya. Istri Lot mengabaikan peringatan dua malaikat yang memberitahu mereka untuk tidak menoleh ke belakang saat melarikan diri dari kota Sodom dan Gomora yang akan dihancurkan oleh Tuhan. Istri Lot melihat ke belakang dan berubah menjadi patung garam.

Dari semua kisah ini, terdapat beberapa masalah yang menyebabkan istri meninggalkan suaminya, seperti ketidaksetiaan, kecemburuan, penindasan, ketidakpatuhan hingga tidak mendukung pasangan. Namun, dari kejadian tersebut, dapat dipetik pelajaran untuk selalu menghormati pasangan dan memperjuangkan hubungan yang sehat dan harmonis.

Halaman :
1

Ikuti Kami