Belajar Menjadi Pengusaha Seperti Lidia dari Tiatira
Sumber: woman's day

Finance / 17 February 2023

Kalangan Sendiri

Belajar Menjadi Pengusaha Seperti Lidia dari Tiatira

Wisnu Prianggani Contributor
1584

Lidia dari Tiatira adalah seorang pengusaha yang dikisahkan di dalam Alkitab sebagai contoh seorang wanita yang memiliki keberanian untuk memulai bisnisnya sendiri dan sukses dalam bidang perdagangan kain ungu. Kisah Lidia ini bisa ditemukan di Kisah Para Rausl 16:13-15

Demikian isinya, “Pada hari Sabat kami ke luar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ; setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ. Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: "Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku." Ia mendesak sampai kami menerimanya.”

Berikut adalah 4 hal yang bisa dipelajari dari kisah Lidia tentang menjadi pengusaha.

1. Keberanian memulai bisnis

Lidia memulai bisnis perdagangan kain ungu meskipun pada saat itu bisnis dipegang oleh kaum pria dan tidak biasa bagi wanita untuk terlibat dalam bisnis. Namun, Lidia memiliki keberanian untuk memulai bisnisnya sendiri dan mengejar keberhasilan.

 

Baca Juga: Dibalik Sukses Jadi Ahli Marketing Ala Surya Hadiwinata

 

2. Mencari ilmu dan pengalaman

Lidia tidak hanya mengandalkan bakat alaminya, namun ia juga belajar dan memperdalam pengetahuan serta pengalaman dalam bisnisnya. Lidia melakukan perjalanan jauh dari Tiatira ke Filipi, tempat ia belajar tentang budaya, pasar, dan permintaan lokal. Dia juga memperluas jaringan bisnisnya dengan bergabung dengan komunitas orang Yahudi di sana.

 

3. Percaya pada kekuatan Tuhan

Meskipun Lidia adalah seorang pengusaha yang sukses, ia tidak lupa bahwa Tuhan-lah yang memberikan segala berkat. Lidia percaya bahwa keberhasilannya adalah hasil dari kemurahan Tuhan dan ia selalu bersyukur kepada-Nya.

 

Baca Juga: Buang Jauh Mindset Ini Jika Ingin Sukses Dalam Keuangan Anda

 

4. Suka berbagi kepada orang lain

Lidia bukan hanya mengumpulkan kekayaan untuk dirinya sendiri, tetapi ia juga memanfaatkan kekayaannya untuk membantu orang lain, termasuk mendukung pekerjaan Paulus dan timnya. Lidia mengajarkan kita pentingnya memberi dan berbagi dengan orang lain, bahkan ketika kita sendiri juga membutuhkan uang.

Kisah Lidia mengajarkan banyak pelajaran yang relevan untuk para pengusaha masa kini. Keberanian untuk memulai bisnis, pencarian ilmu dan pengalaman, percaya pada kekuatan Tuhan, dan membantu orang lain adalah beberapa hal penting yang dapat diambil dari kisah Lidia. Sebagai pengusaha, tidak hanya fokus pada keuntungan semata, tetapi juga harus memperhatikan keseimbangan hidup dan memberikan perhatian pada lingkungan sekitar.

Seperti yang dicontohkan oleh Lidia, keberhasilan dalam bisnis seharusnya tidak membuat seseorang lupa akan prinsip kebaikan, kejujuran, dan kepedulian. Menjadi seorang pengusaha yang sukses dan berintegritas memerlukan komitmen, keberanian, dan tekad yang kuat, serta selalu mengandalkan kekuatan Tuhan dalam setiap langkahnya.

 

Apakah saat ini Anda sedang berjuang mengembangkan usaha? Jika saat ini Anda rindu untuk mendapatkan dukungan doa supaya usaha Anda semakin diberkati dan menjadi berkat bagi banyak orang, Anda bisa mendapatkan dukungan doa dan bimbingan melalui Layanan Doa dan Konseling CBN kami, yang siap melayani selama 24 jam. Hubungi melalui Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/InginDidoakan

 

Halaman :
1

Ikuti Kami