Review Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang: Pentingnya Kasih dalam Sebuah Keluarga
Sumber: dafunda.com

News / 9 February 2023

Kalangan Sendiri

Review Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang: Pentingnya Kasih dalam Sebuah Keluarga

Claudia Jessica Official Writer
2202

Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang adalah sebuah film karya Angga Dwimas Sasongko yang merupakan sekuel dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020).

Mengisahkan tentang lika-liku kehidupan tiga bersaudara dalam sebuah keluarga, Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang mengambil sudut pandang anak tengah, Aurora yang diperankan oleh Sheila Dara dalam mencari arti rumah yang sesungguhnya serta kebebasan dalam hidupnya.

Saat di Indonesia, Aura tinggal bersama kedua orang tuanya yang otoriter sehingga ia merasakan kebebasan pertama kalinya saat diizinkan untuk merantau ke London demi menempuh pendidikannya di bidang seni.

Di tengah perjuangan mencapai cita-cita dan menempuh pendidikannya, Aurora harus menghadapi masalah karena tidak bisa mengumpulkan tugas akhirnya tepat waktu sehingga harus mengulang pendidikannya. Selain itu, retaknya hubungan Aurora dengan Sang Kekasih juga membuatnya mengalami masa-masa sulit.

Beruntungnya, Aurora memiliki dua orang teman, Honey dan Kit yang selalu berada di samping Aurora dalam masa-masa tersulitnya di London, tanpa ada keluarga yang dapat membantunya.

Di saat yang sama, Aurora putus kontak dengan keluarganya di Indonesia karena sibuk bekerja untuk menghidupi dirinya dan membayar biaya kuliah yang dibutuhkan. Hal ini membuat keluarganya cemas hingga kakaknya, Angkasa (Rio Dewanto) dan adiknya, Awan (Rachel Amanda) menyusul ke London untuk menemui Aurora.

Melihat betapa kacaunya keadaan Aurora di London membuat kedua saudaranya ini memaksanya untuk pulang ke Indonesia. Namun, hal itu tidak digubris oleh Aurora sehingga terjadi perselisihan di antara ketiga kakak beradik ini.

Di tengah perselisihannya, Aurora merasa tidak mendapatkan kasih dari kakak dan adiknya. Mereka terus menekan Aurora untuk pulang ke Indonesia, persis seperti sikap kedua orang tuanya yang suka memaksakan kehendak.

Hingga pada akhirnya Aurora mengungkapkan semua perasaan dan perjuangan kerasnya dalam memperbaiki keadaannya selama dua bulan terakhir. Aurora berharap Angkasa dan Awan dapat mengerti alasannya tidak ingin pulang ke Indonesia, mengerti tentang perasaannya, serta apa yang ia perjuangkan di London.

Aurora juga berharap Angkasa dan Awan dapat mengerti bahwa Aurora masih mau berjuang meraih cita-citanya. Aurora juga mengungkapkan bahwa ia menemukan ‘rumah’ yang sebenarnya di London bersama Honey dan Kit.

Bagi Aurora, Honey, Kit, dan London adalah definisi dari ‘rumah’ yang sesungguhnya, tempat dimana Aurora bisa merasakan ‘pulang’. Tak hanya itu, Honey dan Kit adalah orang yang memotivasi Aurora lewat kehidupannya. Honey dan Kit adalah manusia biasa yang juga memiliki kisah hidup dan kesulitannya, tetapi mereka dapat bertahan tanpa harus menyusahkan orang lain. Aurora berharap ia juga bisa seperti mereka. Inilah salah satu alasan mengapa Aurora tidak bisa menghubungi keluarganya di Indonesia.

Setelah perselisihan ketiga kakak beradik itu, akhirnya Angkasa dan Awan sepakat akan membiarkan Aurora menetap di London. Mereka menyadari bahwa selama ini mereka hanya memaksakan kehendaknya untuk membawa Aurora pulang tanpa peduli dengan apa yang Aurora rasakan dan perjuangkan. Angkasa dan Awan sepakat mereka akan menghargai pilihan Aurora dan menunjukkan kasihnya sebagai saudara.

Mereka juga sepakat akan membantu dan melindungi pilihan yang telah dibuat oleh Aurora.

Meski film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang ini cukup menguras emosi, tetapi ada begitu banyak hal yang dapat kita pelajari dari film ini. Mulai dari membangun komunikasi yang baik dalam keluarga, mengenal sifat dan karakter keluarga, mendengarkan kebutuhan satu sama lain, memberikan kepercayaan agar anak mampu menjadi seseorang yang bertanggungjawab dan mandiri, saling mendukung antara saudara, mengasihi apapun yang terjadi.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami