Marak Penculikan! Orangtua Harus Ajarkan Ini Kepada Anak!
Sumber: canva.com

Parenting / 1 February 2023

Kalangan Sendiri

Marak Penculikan! Orangtua Harus Ajarkan Ini Kepada Anak!

Claudia Jessica Official Writer
1480

Maraknya kasus penculikan anak beberapa waktu terakhir ini sangat perlu diwaspadai, terutama bagi orang tua yang memiliki anak yang masih kecil.

Salah satu kasus yang beredar diceritakan oleh seorang anak laki-laki yang hampir menjadi korban penculikan. Dalam sebuah video yang beredar, anak itu menjelaskan ketika sedang bermain sepeda, ia mendengar temannya berbicara dengan seorang wanita tak dikenal dan menanyakan seorang anak kecil yang ciri-cirinya mirip dengan dirinya. Mendengar hal itu, anak laki-laki itu segera melarikan diri dan bersembunyi.

Penculikan anak masih bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita perlu menjaga dan membekali anak-anak agar mampu mengenali modus penculikan dan mencegahnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu orang tua ajarkan kepada anak-anak untuk mencegah penculikan:

1. Ajari anak untuk waspada kepada orang asing yang tak dikenal

Ajar anak-anak tentang bahaya orang yang tidak dikenal. Berikan pengertian kepada mereka agar tidak menerima hadiah atau meminta bantuan dari orang asing, apalagi ketika ada orang asing yang mendekat, memaksa, membujuk atau merayu anak tanpa izin orang tua.

2. Latih sikap anak jika mengalami bahaya

Ketika anak-anak sudah memahami tanda bahaya seperti yang diajarkan pada poin pertama, latihlah sikap anak untuk mengatasi situasi tersebut. Misalnya dengan langsung berteriak, lari ke dalam rumah, dan meminta pertolongan.

3. Dorong anak untuk bersikap asertif

Dorong anak untuk berbicara dan berdiri dengan tegas jika mereka merasa tidak nyaman atau terancam.

4. Memastikan keamanan saat berada di tempat umum

Berikan instruksi secara jelas yang mudah dimengerti oleh anak bahwa mereka harus selalu berada di dekat Anda saat berada di tempat umum. Pastikan Anda juga selalu mengawasi anak saat bermain di tempat umum dan jangan biarkan mereka berbicara dengan orang yang tidak dikenal.

5. Membawa identitas pribadi dan informasi kontak dalam kasus terpisah

Ajarkan pada anak untuk selalu membawa identitas pribadi dan informasi kontak dalam kasus terpisah.

6. Latih anak dengan melakukan skenario

Latih anak-anak untuk bereaksi dalam situasi darurat dengan berlatih skenario “jika suatu saat”. Misalnya seperti “jika suatu ada orang asing yang memberikanmu perman, apa yang akan kamu lakukan?”

Pastikan anak Anda mengetahui apa yang harus dilakukan saat menghadapi situasi seperti itu.

Ini adalah beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan untuk mencegah penculikan anak, namun selalu penting untuk memantau aktivitas dan kondisi anak-anak Anda dan mengambil tindakan segera jika merasa tidak nyaman. Pastinya tetaplah berdoa dan berjaga-jaga. Ketika kita tidak bisa melindungi anak kita, masih ada Tuhan yang akan menjaga anak-anak kita. Karena itu berdoa adalah hal yang sangat penting.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami