WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 2)

News / 24 January 2023

Kalangan Sendiri

WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 2)

Aprita L Ekanaru Official Writer
400

WORK FROM OFFICE

Sebelum budaya WFH, sistem kerja WFO sudah diterapkan terlebih dahulu. Sehingga banyak karyawan yang telah terbiasa menjalani sistem kerja ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari sistem kerja WFO:

Kelebihan WFO:

  • Efektif

Bekerja di kantor lebih efektif dibandingkan saat WFH, karena saat jam kerja dimulai semua karyawan dituntut untuk langsung melakukan tugasnya masing-masing. Karyawan dapat fokus menyelesaikan tugas dan pekerjaannya tidak terdistraksi oleh urusan rumah tangga seperti yang sering terjadi saat WFH.

  • Komunikasi lebih bagus

Berkomunikasi secara langsung lebih memperkuat kerjasama antar karyawan maupun dengan pimpinan, komunikasi juga menjadi lebih mudah dipahami dibandingkan hanya dengan berbicara melalui daring atau telepon.

  • Melatih kedisiplinan

Dapat melatih kedisiplinan karyawan karena mereka dituntut untuk tepat waktu saat datang ke kantor, beristirahat pun harus sesuai dengan jamnya. Saat WFO waktu karyawan relatif terbagi dengan baik, sehingga bagus untuk kedisiplinan dan kesehatan.

 

BACA JUGA: WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 1)

 

  • Meminimalisir stres

Bertemu dengan rekan kerja di kantor merupakan bagian dari sosialisasi yang dibutuhkan setiap orang. Sosialisasi dapat diselingi dengan canda tawa dan percakapan ringan yang bisa membantu mengurangi stres.

  • Manajemen tim lebih mudah

Pengelolaan administrasi dan pengaturan tim kerja lebih mudah dilakukan apabila WFO. Pemantauan dan evaluasi tim kerja juga lebih mudah dilakukan dibandingkan saat bekerja dari rumah.

Kekurangan WFO:

  • Tekanan kerja

Bekerja dari kantor artinya karyawan bertemu dengan pimpinan secara langsung yang menhawasi pekerjaan. Bagi sejumlah karyawan, hal itulah yang seringkali timbul saat WFO.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Allianz | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami