6 Fakta Unik Tentang Imlek dan Tradisinya yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 21 January 2023

Kalangan Sendiri

6 Fakta Unik Tentang Imlek dan Tradisinya yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Claudia Jessica Official Writer
478

Imlek, atau Tahun Baru Tionghoa adalah salah satu festival terbesar di dunia, yang diperingati oleh masyarakat Tionghoa dan keturunannya di seluruh dunia, baik di China maupun di luar China.

Diperingati berdasarkan kalender lunar, Imlek biasanya jatuh pada tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.

Pada hari pertama Imlek, biasanya keluarga berkumpul bersama untuk makan malam bersama, menyalakan kembang api, dan melakukan pertukaran hadiah. Pada hari-hari berikutnya, orang-orang melakukan berbagai kegiatan seperti parades, pertunjukan seni, dan pertunjukan kembang api. Beberapa orang juga pergi ke tempat-tempat suci untuk berdoa dan mengambil bagian dalam upacara khusus.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang imlek yang jarang diketahui banyak orang:

1. Imlek merupakan satu-satunya hari libur resmi di China yang berlangsung selama lima hari.

2. Imlek adalah salah satu dari lima festival besar di China, yang lainnya adalah Qingming, Dragon Boat, Mid-Autumn, dan Double Ninth.

 

BACA JUGA: 10 Ayat Alkitab yang Bisa Jadi Doa Untuk Keluarga di Perayaan Imlek Ini

 

3. Imlek diperingati dengan berbagai acara, seperti pertunjukan tari liong dan dragon, pertunjukan musik, pertunjukan seni, dan pertunjukan api.

4. Imlek adalah waktu yang baik untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, memakan makanan khas, dan berbagi hadiah.

5. Dalam tradisi Imlek, warna merah dianggap sebagai warna yang berkah dan digunakan dalam dekorasi, pakaian, dan hadiah.

6. Imlek juga dikenal dengan nama "Festival of the Spring" atau "Chinese New Year" yang merupakan perayaan yang memperingati keberlangsungan generasi dan keberuntungan.

Imlek biasanya berlangsung selama 15 hari dan diakhiri dengan perayaan “Cap Go Meh.” Perayaan ini juga dikenal sebagai perayaan Lantern Festival atau Yuan Xiao Jie.

 

BACA JUGA: Maknai Imlek Dengan Cara Berbeda, Yuk Bawa Kabar Injil Di Tahun Baru China Ini

 

Pada hari ini, orang-orang menyalakan lilin dan kembang api, dan mengambil bagian dalam pertunjukan kembang api dan parade dengan kembang api. Orang juga menikmati makanan khas seperti tangyuan (makanan berbahan dasar tepung berisi kacang-kacangan atau gula) yang dianggap sebagai simbol kesatuan keluarga dan kebahagiaan.

Bagi umat kristen, kita perlu tahu bahwa tradisi Imlek tidak ada hubungannya dengan agama Kristen. Meskipun demikian, beberapa orang Kristen mungkin ikut serta dalam merayakan Imlek. Apakah sebagai umat Kristen kita boleh merayakan imlek? Aturan seperti apa yang harus kita ketahui sebelum memutuskan untuk merayakan imlek sebagai orang percaya?

Pembahasan selengkapnya dapat Anda baca melalui artikel: Makna Spiritual Imlek

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami