Mengantisipasi Penculikan Anak, Orang Tua Bisa Ajarkan Hal Ini

News / 18 January 2023

Kalangan Sendiri

Mengantisipasi Penculikan Anak, Orang Tua Bisa Ajarkan Hal Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
479

Kembali menghebohkan publik, baru-baru ini sempat viral di media sosial penculikan terhadap MFS (11 tahun) yang berakhir tewas di tangan dua orang remaja. 

Kejadian penculikan ini tentunya membuat banyak para orang tua menjadi khawatir. Mengingat maraknya kasus perdagangan anak yang masih sering terjadi, oleh sebab itu kekhawatiran ini wajar saja untuk mereka rasakan. 

Data dalam Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA) adalah salah satu yang membuktikan. Sepanjang 2017-2022, terdapat 2.356 korban tindak pidana perdagangan orang dan 50,97 persen diantaranya terdiri dari anak-anak. 

Melihat keresahan ini, ada hal yang dapat dilakukan oleh anak bersama orang tua untuk mencegahnya. Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak untuk menolak dan mewajibkan anak untuk izin kepada orang tua setiap mau pergi kemanapun.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina mengungkapkan bahwa anak-anak harus memiliki pemahaman bahwa dirinya tidak boleh berada terlalu jauh dari orang tuanya. Serta, anak wajib untuk meminta izin pada orang tua.

"Termasuk kalau keluar rumah, anak itu harus izin dengan orangtua. Atau kalau misalnya diajak oleh orang lain, anak itu harus izin," ujar Nina pada Health Liputan6.com ditulis Kamis, (11/1/2023).

Berikut adalah hal yang dapat dikordinasikan oleh orang tua kepada anak, terutama untuk anak yang telah berusia di atas 5 tahun:

1. Ajari anak untuk tidak berbicara dengan orang asing saat tidak ada orang dewasa yang dikenal berada di sekitar anak.

2. Jika ada orang yang berlaku kasar atau memaksa, anak harus lari dan berteriak meminta pertolongan.

3. Berani untuk mengatakan tidak kepada siapapun yang mencoba menyentuh anak dan membuatnya tidak nyaman.

4. Ketika anak sendirian dan tidak bersama orang dewasa yang dikenalnya, mintalah anakn Anda untuk mencari pertolongan kepada petugas yang berseragam.

Dengan pemnbekalan yang benar dari orang tua, diharapkan anak akan lebih mudah memahami dan lebih waspada ketika berada di dalam kondisi yang dapat membahayaakannya.

Sumber : Liputan 6 | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami