Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat di Desa-desa Pedalaman dan Terpencil

Health / 10 January 2023

Kalangan Sendiri

Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat di Desa-desa Pedalaman dan Terpencil

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru Official Writer
455

Kebanyakan masyarakat di daerah pedalaman dan terpencil bekerja dengan mengandalkan fisik, seperti petani, tukang batu, tukang becak, dan lainnya. Karena banyaknya kegiatan yang dilakukan mengandalkan kekuatan fisik, maka seringkali mereka harus mengalami Myalgia atau yang sering kita dengar dengan sebutan nyeri otot.

Nyeri otot biasanya bergejala ringan dan tidak terlalu parah. Gejala yang muncul biasanya juga hanya pada bagian otot tertentu saja. Namun, tidak menutup kemungkinan nyeri otot juga bisa terasa di seluruh tubuh. Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami kondisi ini. Secara umum, nyeri pada area otot bisa disebabkan oleh postur tubuh, cedera otot, misalnya akibat gerakan yang tidak tepat saat berkegiatan. Efek samping penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memicu munculnya gejala nyeri. Gejala cedera otot meliputi nyeri, kelemahan, memar, bengkak, dan kram.

Bagi kita yang tinggal di kota mungkin akan lebih mudah untuk menjangkau pelayanan kesehatan, dibandingkan dengan masyarakat yang ada di pedalaman. Masih banyak jalanan yang rusak, serta jarak tempuh yang cukup jauh juga harus dilalui masyarakat pedalaman untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang seringkali enggan memeriksakan kesehatannya saat sakit. Tidak sampai di situ, kesulitan menjangkau pelayan kesehatan dibarengi dengan sulitnya tingkat perekonomian masyarakat di pedalaman. Sehingga tidak sedikit masyarakat pedalaman yang belum memiliki layanan kesehatan gratis yaitu BPJS. 

Melihat kondisi tersebut, kami merasa sangat terbeban untuk menolong masyarakat di pedalaman untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, bahkan mendapatkan tindakan medis secara gratis dengan cara mengadakan Baksos Kesehatan di desa-desa pedalaman dan terpencil.

Kegiatan CBN Kemanusiaan bekerja sama dengan Obor Berkat Indonesia mengambil langkah awal dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat pra-sejahtera di desa-desa pedalaman dan terpencil. Hal ini dilakukan guna membantu masyarakat terutama di pedalaman yang selama ini jarang mendapat pengobatan oleh tenaga medis akibat keterbatasan sarana kesehatan. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami