Perbaiki 7 Karakter Lama Ini Jika Anda Ingin Jadi Pribadi yang  Lebih Baik di Tahun Ini
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 2 January 2023

Kalangan Sendiri

Perbaiki 7 Karakter Lama Ini Jika Anda Ingin Jadi Pribadi yang Lebih Baik di Tahun Ini

Lori Official Writer
1047

Setiap tahunnya, seiring semakin banyak masa-masa yang sudah kita lalui, pastinya ada keinginan di dalam diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

Untuk berubah kearah yang lebih baik, kita memang perlu bergulat dengan diri kita sendiri, keinginan kita sendiri dan kemauan dari dalam diri. Seperti disampaikan Paulus dalam Roma 7: 15, “Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.”

Kita hidup dengan membawa karakter alamiah kita. Ada pula karakter yang justru merusak dan beracun, tetapi karena keinginan daging kita yang lemah kita terus merusak diri dengan karakter tersebut. Sehingga lambat laun karakter tersebut membuat kita menjadi jauh dari Tuhan.

Jika saat ini ada dorongan di dalam diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun ini, mulailah hari ini. Identifikasi setiap karakter lama yang perlu Anda perbaiki, misalnya salah satu dari 7 karakter ini.

1. Acuh tak acuh

Apakah Anda masih sering acuh tak acuh baik kepada orang-orang terdekat Anda, rekan kerja hingga acuh kepada Tuhan? 

Karakter ini hanya akan menjauhkan diri Anda dari hubungan yang hangat dengan orang sekitar dan bahkan Tuhan. Jika Anda ingin menjadi pribadi yang menyenangkan, peduli dan perhatian oleh sekitar mulailah mengubah hati dan pikiran Anda. Tuhan bisa mengubahnya. Percayalah! Asal Anda mau melepaskan karakter ini dan memilih untuk mau belajar lebih ramah, lebih peduli, lebih responsif dan mau merendahkan hati Anda untuk mau dipimpin oleh Tuhan.

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12: 2)

 

Baca Juga: Satu Hal Ini Wajib Dilakukan Orang Kristen Sebelum Membuat Resolusi Tahun Baru

 

2. Tinggi Hati

Tahukah Anda, Tuhan membuang iblis dari surga karena karakter tinggi hati. Tinggi hati sangat bertolak belakang dengan sikap Tuhan. Karena Dia adalah pribadi yang rendah hati, sehingga sebagai ciptaan karakter ini tidak seharusnya mencerminkan diri kita.

Jika Anda memiliki bibit keangkuhan, kesombongan dan tinggi hati yang sudah lama Anda sadari, tahun ini mulailah membuangnya dengan menaruh karakter lama ini di bawah kaki Tuhan. Belajarlah setiap hari untuk meminta Tuhan untuk mengisi Anda dengan kerendahan hati.

“Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”” (Yakobus 4: 6)

 

3. Pencemas atau penuh ketakutan

Kita menganggap karakter ini alamiah, toh kita masih manusia bukan? Tapi tahukah Anda, firman Tuhan mengingatkan kita bahwa Dia tidak membentuk kita sebagai pribadi penakut. Kita tak perlu takut oleh apapun karena Dia sudah menjamin semua hal yang kita perlu dan butuhkan.

Pastinya, karakter lama yang satu ini akan terus menguji kita setiap hari. Tapi kita bisa melawan dan menaklukkannya dengan Roh Allah yang ada di dalam kita. Jika kita tidak bisa mencegahnya untuk selalu datang, setidaknya kita berjuang untuk tidak membiarkannya mengendalikan hidup kita.

“janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yesaya 41: 10)

 

Baca Halaman Berikutnya --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami